by

10 Nama Calon Presiden 2024 Hasil Survei Terbaru

Prabowo Subianto

Depokrayanews.com- Hasil survei New Indonesia Research & Consulting menunjukan bahwa Prabowo Subianto merupakan sosok dengan elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Diikuti nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Elektabilitas Prabowo sebesar 18,9 persen sementara Ganjar 14,3 persen dan Ridwan Kamil 11,0 persen. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di urutan keempat dengan elektabilitas 9,8 persen.

“Ketika diterjemahkan ke dalam tingkat elektabilitas, Ganjar dan Kang Emil menempati tiga besar menuju Pemilu 2024, bersama Prabowo yang masih paling tinggi,” kata Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono, Minggu 28 Juni

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di urutan keempat dengan 9,8 persen. Andreas mengatakan elektabilitas Anies merosot lantaran dinilai publik tidak maksimal dalam menangani pandemi virus corona.

“Hal ini tampak paralel dengan buruknya opini publik terhadap kinerja Anies dalam mengatasi corona, sebaliknya Ganjar dan Kang Emil dipersepsikan terbaik kinerjanya,” katanya.

Andreas mengatakan publik melihat jelas kinerja Anies dan kepala daerah lainnya dalam menangani virus corona. Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo lantas dinilai lebih baik.

“Sebaliknya sosok seperti Anies tertinggal karena kinerjanya dinilai kurang konkret dan terjebak dalam narasi belaka tanpa realisasi nyata di lapangan,” kata Andreas.

Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto memilki elektabilitas tertinggi sebagai capres di Pilpres 2024 versi survei New Indonesia Research & Consulting (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Survei New Indonesia Research & Consulting dilakukan pada 8-18 Juni 2020, dengan jumlah responden 1.200 orang.

Survei dilakukan lewat sambungan telepon terhadap responden survei sebelumnya yang dipilih secara acak. Margin of error survei sekitar 2,89 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut elektabilitas tokoh sebagai capres di Pilpres 2024 versi New Indonesia Research & Consulting

1. Prabowo Subianto 18,9 persen

2. Ganjar Pranowo 14,3 persen

3. Ridwan Kamil 11 persen

4. Anies Baswedan 9,8 persen

5. Sandiaga Uno 8,9 persen

6. Agus Harimurti Yudhoyono 2,7 persen

7. Tri Rismaharini 1,6 persen

8. Erick Thohir 1,3 persen

9. Mahfud MD 1,2 persen

10. Puan Maharani 1,1 persen

Sebelumnya, Indikator Politik Indonesia juga melakukan survei elektabilitas tokoh sebagai capres di Pilpres 2024. Survei dilakukan pada pertengahan Mei lalu.

Hasilnya, Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi dengan 14,1 persen. Diikuti Ganjar Pranowo 11,8 persen dan Anies Baswedan 10,4 persen.

Posisi keempat dan seterusnya ada Ridwan Kamil dengan 7,7 persen, Sandiaga Uno 6 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 4,8 persen, Mahfud MD 3,3 persen, Gatot Nurmantyo 1,7 persen, Erick Thohir 1,6 persen, serta Puan Maharani 0,8 persen.

Survei Indikator Politik Indonesia dilakukan terhadap 1.200 responden dengan metode kontak via telepon. Margin of error kurang lebih 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.(Antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *