by

102 Orang Kader DKM Ikut Pelatihan Khatib Jumat

Khutbah Jumat.
Khutbah Jumat.

DepokRayanews.com- sebanyak 102 orang kader Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) mengikuti pelatihan khatib Jumat yang diselenggarakan Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Kota Depok di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) Depok.

Pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas kader masjid sekaligus mendorong kemakmuran kegiatan-kegiatan keagamaan dan ibadah kaum muslimin. 

“Pelatihan ini ditujukan agar setiap khatib memiliki dasar pemahaman yang benar saat menjalankan tugas sakralnya”, kata Ketua Umum IKADI Kota Depok Dr. H. Ahmad Badruddin, dalam keterangan pers yang diterima, Rabu (21/11/2018).

Menurut Badruddin, setiap khatib Jumat harus memahami fiqih ibadah shalat Jumat dan perspektifnya menurut empat mazhab.

Dengan pemahaman itu, khatib akan bisa menyesuaikan diri dengan berbagai macam tata cara pelaksanaan shalat Jumat dan memahami betul dasar-dasar hukumnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Bidang Pendidikan IKADI Kota Depok KH. Khoirul Muttaqin menjelaskan tentang adab-adab yang harus dijaga saat menjadi imam dan khatib Jumat.

“Menjadi imam dan khatib Jumat tidak boleh sembarangan seperti menyampaikan kultum atau ceramah biasa karena khutbah jumat merupakan bagian utama dari ibadah shalat jumat secara keseluruhan”, kata Khoirul.

Ketua Korps Muballigh IKADI Kota Depok, Dr. Wido Supraha. mengatakan
Khatib juga harus mampu menyusun bahan khutbah dengan baik sekaligus menguasai teknik berbicara di depan umum agar pesannya mudah ditangkap jamaah shalat Jumat. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *