by

12 Lokasi dan Tarif Rapid Test Antigen di Jakarta dan Depok

Depokrayanews.com- Rapid test antigen atau swab antigen menjadi syarat wajib bagi pengguna transportasi umum yang ingin keluar masuk Jakarta mulai 18 Desember 2020. Rumah sakit dan klinik mana saja yang menyediakan layanan rapid test antigen?

Rapid test antigen menggantikan kebijakan sebelumnya, yakni rapid test antibody. Rapid test antigen memang lebih akurat mendeteksi virus corona dibandingkan rapid test antibody. Namun, biaya rapid test antigen lebih mahal dibandingkan rapid test antibody.

Test deteksi virus termasuk virus corona dengan rapid antigen adalah pemeriksaan antigen. Antigen adalah zat atau benda asing, seperti racun, kuman, atau virus yang masuk ke tubuh.

Mayoritas antigen yang masuk ke tubuh berbahaya. Saat antigen masuk tubuh, akan memicu tubuh menciptakan sistem imunitas yang berfungsi membentuk zat kekebalan tubuh (antibodi) untuk berhadapan dengan antigen. Reaksi ini sebagai bentuk pertahanan alami tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit.

Virus corona yang masuk ke dalam tubuh akan terdeteksi sebagai antigen oleh sistem imunitas. Nah, antigen ini dapat dideteksi melalui pemeriksaan rapid test antigen.

Rapid test antigen untuk virus corona dilakukan dengan mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan melalui proses swab alias usap. Biaya test swab antigen ini di rentang Rp 350 ribu sampai Rp 650 ribuan.

Berikut daftar rumah sakit dan klinik penyedia layanan rapid test antigen di Jakarta dan sekitarnya:

1. Rumah Sakit Universitas Indonesia
Rapit test antigen bisa dilakukan di Rumah Sakit Universitas Indonesia (UI) di Depok dengan tarif Rp 375.000. Hasil tes bisa diketahui maksimal 3 jam kemudian. Jadwal tes Senin sampai Jumat pukul 08.00 – 16.00 wib. Sabtu 08.00 sampai 12.wib.

2. Laboratoium Klinik Kimia Farma Jakarta
Laboratorium klinik Kimia Farma ada juga di Depok yakni di Jalan Sentosa Sukmajaya. Harganya Rp 250.000. Jadwal tes Senin sampai Minggu mulai pukul 10.00 sampai 16.00 wib.

3. Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Helix Lab Fakultas Tekni Universitas Indonesia ini berlokasi di kota Depok, Jawa Barat. Helix Lab Fakultas Tekni Universitas Indonesia mengaku menangani 1.500 sampel tes corona atau Covid-19 setiap hari.

Biaya rapid test antigen di Helix Lab mencapai Rp 350.000. Selain rapid test antigen, Helix Lab juga melayani tes PCR dengan tarif Rp 800.000, rapid test antibody dengan biaya Rp 95.000.

4. Omni Hospital

Jaringan Omni Hospital melayani rapid test antigen untuk deteksi virus corona. Dikutip dari alodoc, biaya rapid test antigen di Omni Hospital adalah Rp 575.000.

Adapun jaringan RS Omni yang melayani test swab antigen adalah Omni Hospitalg Alam Sutera, Omni Hospital Pulomas, Omni Hospital Cikarang dan Omni Hospital Pekayon. Masyarakat yang ingin mendapatkan layanan rapid test antigen harus membuat perjanjian 1 hari sebelumnya.

5. Poliklinik Cellscience

Poliklinik Cellscience menyediakan layanan rapid test antigen dengan biaya Rp 420.000. Poliklinik Cellscience antara lain di:

– Lippo Mall Kemang, 1St Floor Lantai 5, Jl. Pangeran Antasari, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

– Lippo Mall Puri 2nd Floor Unit 9, Jl. Kembang Kerep No.8, RT.2/RW.2, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat, Jakarta 11610

– Jl. Pantai Indah Selatan No. 11, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

– Mall Kota Kasablanca UG Floor Unit 73, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

6. Klinik Tridatama

Klinik Tridata menyediakan layanan rapid test antigen dengan biaya Rp 349.000. Rapid test antigen di Klinik Tridatama bisa berlangsung secara drive thru.

Klinik Tridatrama berada di CIBIS Park – No.2, Jalan TB Simatupang, Cilandak Tim., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

7.Klinik Puspita

Klinik Puspita menyediakan layanan rapid test antigen dengan tarif Rp 349.000. Klinik Puspita antara lain berada di:

– Parkir Hall C Jiexpo – Jl. Benyamin Suaeb, Pademangan Tim., Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14410

– Jl. Raya Duri Kosambi, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Klinik Puspita juga menyediakan Rapid Test Antigen dengan layanan Home Care dengan sistem paket di atas >10 Orang. Tarif rapid test antigen home care oleh Klinik Puspita mulai dari Rp Rp 360.000.

8. Halodoc Private Care (Jakarta & sekitarnya)

Halodoc menyediakan layanan rapid test antigen layanan khusus atau private dengan biaya Rp 650 ribu untuk konsumen di Jakarta dan sekitarnya. Alamat Halodoc Private Care ini ada di Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav 32-33, RT.10/RW.7, Kuningan, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

9. Gloskin Aesthetic Clinic Tebet

Gloskin Aesthetic Clinic Tebet menyediakan layanan rapid test antigen dengan biaya atau tarif Rp 665 ribu. Klinik ini berlokasi di Ruko Grand Soepomo, Jalan Prof. DR. Soepomo No.73A, Menteng Dalam, Tebet. Gloskin Aesthetic Clinic Tebet juga melayani test PCR dan tes rapid.

10.Klinik NK Health

Klinik NK Healt melayani rapid tes antigen dengan biaya atau tarif Rp 387.000. Klinik NK Health berada di lantai 3 Tatalogam Tower di Jalan Arjuna Utara No.89, RT.9/RW.1, Duri Kepa, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat.

11. Mayapada Clinic Mayapada Tower 2

Mayapada Clinik menyediakan layanan pemeriksaan rapid test antigen dengan biaya atau tarif Rp 550.000. Mayapada Clinik berlokasi di Kavling 27, Jalan Jenderal Sudirman, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Mayapada Clinic juga menyelenggarakan test rapid antigen di Kav. 5-9, Jl. Tanjung Duren Raya, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, dengan biaya yang sama.

12. Klinik Miracle Plaza Sudirman

Klinik Miracle Plaza Sudirman menyediakan layanan rapid test swab antigen dengan tarif atau biaya Rp 550.000. Klinik Miracle berlokasi di Sudirman Plaza – Indofood Tower Lt. 8 Jl Jendral Sudirman Kav 76-78 – Setiabudi Jakarta Selatan.

Sekarang tinggal pilih mau rapit test antigen di mana ? Tentu akan dipilih yang terdekat dari rumah atau dari kantor. Ingat, rapit test antigen itu maksimal dilakukan 3 hari sebelum berangkat. Artinya, kalau dilakukan 5 hari atau 4 hari menjelang berangkat, hasilnya tidak akan diterima petugas di bandara.(mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed