by

130 UMKM segera Tempati Kios yang Disiapkan Kadin Kota Depok

Ketua Kadin Depok Miftah Sunandar menyerahkan tumpeng kepada Desfandri Madjid,  Ketua Tim Pelaksana UMKM Kadin Depok.
Ketua Kadin Depok Miftah Sunandar menyerahkan tumpeng kepada Desfandri Madjid, Ketua Tim Pelaksana UMKM Kadin Depok.

Depokrayanews.com-Sebanyak 130 usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Depok awal September 2017 mulai menempati kios yang disiapkan Kadin Kota Depok di lantai 1 Mall Depok Town Square (Detos) Jalan Raya Margonda Kota Depok.

Serahterima perjanjian kerjasama antara Kadin Depok dengan para UMKM sudah dilakukan pada Rabu 30 Agustus 2017 dalam sebuah acara di Detos. Surat perjanjian itu langsung diserahkan Ketua Kadin Kota Depok, Miftah Sunandar bersama Ketua Tim Pelaksana Kios UMKM Kadin Depok, Desfandri.

Hadir pada acara itu, para UMKM, anggota Dewan Pertimbangan Kadin Kota Depok, Jack Tobing, Yanti Sriheryanti dan sejumlah Wakil Ketua Kadin seperti Sonar Harahap, Tuty Alawiyah, dan Devi Firman Hidayat.

Dalam laporannya Ketua Tim Pelaksana Kios UMKM mengatakan 130 UMKM yang menempati kios mulai awal September adalah bagian dari program pengadaan 200 kios pada tahap awal.

“Kita lakukan bertahap karena peminatnya sangat besar sambil kita saring yang Benar-benar UMKM Kota Depok,” kata Desfandri yang juga Wakil Ketua Kadin Depok.

Menurut Desfandri pengadaan kios buat UMKM itu adalah bagian dari upaya Kadin Kota Depok mengangkat supaya UMKM naik kelas. “Selama ini kalau UMKM jualan di mall ditempatkan di halaman yang kosong kemudian dipasang tenda supaya tidak kehujanan. Kalaupun ada yang ditarik masuk ke dalam mall, ditempatkan di selasar mall. Kalau malama barang barang ditutup pakai terpal kemudian diikat supaya tidak hilang. Besok pagi mau jualan, terpalnya dibuka lagi,” kata Desfandri.

Ketua Kadin Depok Miftah Sunandar menyerahkan secara simbolis surat perjanjiam dengan perwakilan UMKM Kadin Depok
Ketua Kadin Depok Miftah Sunandar menyerahkan secara simbolis surat perjanjiam dengan perwakilan UMKM Kadin Depok

Para UMKM Kota Depok menghadiri acara penyerahan perjanjin kerjasama
Para UMKM Kota Depok menghadiri acara penyerahan perjanjin kerjasama

Melalui program yang digagas Kadin Kota Depok bersama Mall Detoa, para UMKM ditempatkan di dalam kios yang dilengkapi pendongin udara dan pintu kios yang tertutup baik sehingga tidak perlu pakai terpal lagi.

Ketua Kadin Kota Depok, Miftah Sunandar mengatakan Kadin ingin menyiapkan 1000 kios untuk UMKM. Pelaksanaanya dilakukan secara bertahap. “Kami Kadin Kota Depok ingin memantu pemerintah mengurangi pengangguran. Kalau satu kios nanti bisa menampung 27 karyawan berarti 2000 lapangan kerja tersedia,” kata Miftah Sunandar.

Kadin Kota Depok kata Miftah juga sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah perbankan untuk membantu permodalan bagi UMKM.

Anggota Dewan Pertimbangan Kadin Kot4 Depok, Jack Tobing berpesan kepada UMKM agar tidak cepat lemas dalam berusaha karena pasti ada pasang surutnya. “Rezeki itu datang dari atas dari Allah Swt, jadi jangan cepat putus asa, ” kata Jack. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *