by

148.484 Keluarga di Depok dapat Bantuan Dana Tunai dari Pemerintah Pusat

Depokrayanews.com- Sebanyak 148.484 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Depok akan mendapat bantuan sosial (bansos) tunai dari pemerintah pusat sebesar Rp 300 ribu per bulan mulai Januari hingga April 2021 mendatang.

“Dari hasil verifikasi Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (Dirjen PFM), Kemensos, jumlah penerima bansos tunai di Kota Depok sebanyak 148.484 KPM. Bansos disalurkan melalui PT Pos ke masing-masing KPM,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Usman Haliyana kepada wartawan, Rabu 13 Januari 2021.

Dinas Sosial, kata Usman, hanya melakukan pengolahan data, melakukan monitoring dan evaluasi.

Untuk pengambilan dana bansos tunai nantinya KPM akan dihubungi oleh PT Pos melalui kelurahan maupun RT-RW setempat. Syaratnya, menunjukkan KTP elektronik dan mematuhi protokol kesehatan.

“Pengambilan tidak bisa diwakilkan. Semoga bansos tunai dapat meringankan beban masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19,” kata mantan camat itu.

Sebelumnya, Dinsos Kota Depok telah mengajukan data sebanyak 199.674 KPM berasal dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan non DTKS. Kemudian, data yang valid berjumlah 173.094 KPM. Lalu, untuk data yang error sebanyak 26.580 KPM.

“Data yang valid dan error itu sudah kami kembalikan ke kelurahan supaya diperbaiki. Untuk penerima bansos tunai DTKS dan Non DTKS sebanyak 148.484 KPM,” kata dia.

Kini 24.610 KPM dari data yang tidak valid itu juga sedang dalam proses pemadanan dengan Disdukcapil Depok.

“Untuk data tidak valid atau error disebabkan oleh kesalahan penulisan dalam Nomor Induk Kependudukan (NIK) hingga hari ini, Kemensos masih menerima perbaikan data,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *