by

15 Juta Data Pelanggan Tokopedia Bocor

Aplikasi Tokopedia

Depokrayanews.com- Sejak Sabtu 2 Mei 2020 malam, masyarakat Indonesia dikagetkan dengan informasi sebanyak 15 juta data pelanggan salah satu e-commerce besar di Indonesia, Tokopedia, tersebar di dunia maya. Tidak heran kalau kemudian berita ini menjadi trending topic Twitter.

Bahkan warganet Twitter ada yang menceritakan pengalaman temannya yang rekeningnya tersambung dengan Tokopedia, terkuras.

“Demi apapun bener dugaan temen aku, duit dia kekuras abissss di rekeningnya yang nyambung ke tokpedai . baru banget kemaren lusa :(,” cuit @stellliii.

Ada juga warganet yang memberikan saran keamanan untuk pelanggan Tokopedia dalam mengamankan data-data pribadinya.

“Data-data selain password juga butuh enkripsi. Biar di database nya di encrypt jadi kalau mau di jual data nya perlu sandi decrypt dari tokped. sedangkan password di hash (hash itu gak bisa di decrypt karena bentuk nya one way),” kata @9_12_25_1_19.

Buat beberapa warganet yang panik, mereka mempertanyakan cara menghapus akun tersebut agar tidak terbajak.

“Can i delete my tokopedia account & data permanently? Like…. it’s possible right?” cuit @XrTNLkqGrIc.

Tokopedia langsung menanggapi kebocoran 15 juta data penggunanya. Melalui VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, pihaknya mengakui bahwa telah menemukan adanya upaya pencurian data pengguna.

Meskipun begitu, perusahaan memastikan informasi penting krusial pengguna, seperti password, berhasil dilindungi. Nuraini menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan investigasi lanjutan.

“Keamanan data pengguna merupakan prioritas utama Tokopedia. Saat ini, kami terus melakukan investigasi dan belum ada informasi lebih lanjut yang dapat kami sampaikan,” kata dia, Minggu 3 Mei 2020.

Sebagai langkah antisipasi, Nuraini pun menyarankan agar para pengguna aplikasi Tokopedia untuk mengganti password akun mereka secara berkala.

“Meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, kami menganjurkan pengguna Tokopedia untuk tetap mengganti password akunnya secara berkala demi keamanan dan kenyamanan,” kata dia. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *