by

16 Program Prioritas Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo

Depokrayanews.com- Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menyiapkan 16 program prioritas bila terpilih sebagai Kapolri.

“Terkait 16 program prioritas ini kami akan diimplementasikan secara bertahap melalui timeline penentuan rencana aksi, target, dan implementasi yang dibagi tiga tahap yaitu tahap pertama 100 hari sejak saya dilantik sebagai Kapolri, tahap kedua 2021-2022, dan tahap ketiga 2023-2024,” kata Listyo saat mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI, Rabu 20 Januari 2021.

Program prioritas Listyo itu adalah: penataan kelembagaan, perubahan sistem dan metode organisasi, menjadikan sumber daya manusia (SDM) Polri yang unggul di era police 4.0, perubahan teknologi kepolisian modern, peningkatan kinerja pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, peningkatan kinerja penegakan hukum, pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19, serta pemulihan ekonomi nasional.

Kemudian, menjamin keamanan program prioritas nasional, penguatan penanganan konflik sosial, peningkatan kualitas pelayanan publik Polri, mewujudkan pelayanan publik Polri yang terintegrasi, pemantapan komunikasi publik, pengawasan pimpinan terhadap setiap kegiatan, penguatan fungsi pengawasan, serta pengawasan oleh masyarakat.

‘Jika 16 program prioritas ini dapat berjalan baik, diharapkan dapat memberikan hasil yang baik yaitu Polri yang prediktif, responsif, dan transparansi berkeadilan, serta Polri yang menjadi elemen penting bangsa untuk menjaga berdiri tegaknya demokrasi menuju Indonesia yang maju,” kata Listyo.

Listyo juga memaparkan delapan komitmen bila kelak menjadi Kapolri yaitu menjadikan Polri sebagai institusi yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan, menjamin keamanan untuk mendukung program pembangunan nasional, menjaga serta soliditas internal.

Kemudian meningkatkan sinergitas dan soliditas Polri dengan TNI. Lalu bekerja sama dengan aparat penegak hukum dan kementerian lembaga lain untuk mendukung dan mengawal program pemerintah.

Listyo juga menyampaikan komitmennya mendukung terciptanya inovasi dan kreatifitas yang mendorong kemajuan ekonomi Indonesia, menampilkan kepemimpinan yang melayani dan menjadi teladan, mengedepankan pencegahan permasalahan keadilan, restorative justice, dan problem solving, serta setia kepada NKRI dan senantiasa merawat kebhinekaan. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *