by

2.500 Orang Buruh Pabrik Sepatu Adidas dan Nike Dipecat Saat Wabah Corona

Karyawan pabrik sepatu

Depokrayanews.com- Ribuan buruh pabrik PT Shyang Yao Fung yang memproduksi sepatu Adidas dan Nike di Tangerang dipecat saat wabah corona.

Jumlah buruh yang dipecat sebanyak 2.500 orang. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banten menjelaskan pemecatan itu bukan karena perusahaan terkena dampak wabah corona. Melainkan pabrik mau pindah ke luar Banten. Program PHK itu dilakukan melalui dua gelombang yaitu pada 13 Mei dan 20 Mei 2020.

Kepala Disnakertrans Banten, Al Hamidi mengatakan, pihaknya telah mendapatkan informasi adanya PHK massal oleh PT. Shyang Yao Fung yang berlokasi di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Tangerang.

“Info itu udah lama, (surat) udah dapat kok. (PHK) itu karena perusahaannya mau pindah,” kata Al Hamidi saat dihubungi melalui telepon, Kamis 30 April 2020.

Terkait nasib ribuan karywan PT. Shyang Yao Fung, Al Hamidi menilai, perusahaan wajib membayar pesangon sesuai ketentuan perundang-undangan.

“Soal kasihan yah kasihan. Terus kita harus melakukan apa. Harus ada solusi, kalau mau pindah yah punya solusi dulu. Aturannya yah harus bayar pesangon atau pemerintah mendirikan perusahaan baru begitu,” tegas Al Hamidi.

Bagi buruh yang terkena PHK, Al Hamidi juga mempersilakan untuk mengikuti program kartu prakerja yang berlaku mulai Mei 2020 ini.

“Kalau benar kena PHK isi aja (bisa) diikutsertakan walaupun bukan terdampak COVID-19. Karena kartu prakerja buat karyawan yang terdampak,” kata dia.

Sumber: bantennews.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *