by

20 Pecatur Dunia Ikut Turnamen Catur Cepat LM FEB UI 2023, Ini Daftar Pemenangnya

DEPOKRAYANEWS.COM- Sebanyak 20 pecatur dunia bergelar Grandmaster (GM) dan Woman International Master (WIM) mengikuti turnamen catur cepat yang diselenggarakan Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI) bekerja sama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI). Kegiatan ini merupakan salah satu dari serangkaian acara guna memeriahkan HUT ke-60 LM FEB UI yang jatuh pada awal tahun ini.

Enam dari 20 pecatur dunia itu adalah GM Novendra Priasmoro, WGM/IM Medina Warda Aulia, WGM Dewi Ardhiani Anastasia Citra, IM Yoseph Theolifus Taher, IM Gilbert Elroy Tarigan, dan WIM Dita Karenza. Selain mereka, terdapat para pecatur pilihan dari warga FEB UI yang ikut serta dalam permainan catur cepat 15 menit swiss system.

Dekan FEB UI, Teguh Dartanto, yang membuka acara itu berpendapat bahwa turnamen ini bertujuan untuk memperkaya keahlian para pemain dan meningkatkan minat penonton terhadap permainan catur, terutama untuk seluruh sivitas akademika UI. Pemilihan turnamen catur sebagai salah satu kegiatan yang diadakan oleh LM FEB UI, didasari oleh potensi Indonesia yang sangat besar dalam permainan catur tingkat dunia.

Sementara itu, Kepala LM FEB UI, Willem Makaliwe menjelaskan bahwa permainan itu terdiri dari 5 babak yang dilaksanakan dalam satu hari mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. PERCASI merupakan pihak yang mengatur teknis pertandingan agar sesuai dengan standar Federasi Catur Dunia (FIDE), dipimpin oleh Wasit Ketua Chessy Prila Hariputra.

Pertandingan berakhir pada pukul 16.00 WIB, sambil menunggu final ranking, para pecatur mendengarkan closing remarks dari Ketua Bidang Pertandingan dan Perwasitan Pengurus Besar (PB) PERCASI Agus Subandrijo. Ia sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan dan berharap turnamen ini bisa menjadi tonggak awal yang dapat membuka berbagai peluang positif bagi kemajuan permainan catur di lingkungan perguruan tinggi, terutama di UI.

Pada turnamen kali ini GM Novendra Priasmoro keluar sebagai Juara 1 dengan skor PTS 4 BH 18.5 SB 14.5 FIDE 13.5, dilanjutkan dengan IM Yoseph Theolifus Taher yang mendapat Juara 2 dengan skor PTS 4 BH 16 SB 12 FIDE 12.5, dan IM Gilbert Elroy Tarigan sebagai Juara 3 dengan skor PTS 4 BH 15 SB 11 FIDE 12.

Masing-masing peserta mendapatkan hadiah berturut-turut sebesar 10 juta rupiah, 7,5 juta rupiah, dan 5 juta rupiah. Selain juara 1, 2, dan 3, terdapat Juara Favorit untuk pecatur lokal yang dimenangkan oleh Muliadi Widjaja yang merupakan salah seorang Dosen Ilmu Ekonomi FEB UI. (rel)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *