Pilih Mana ? Velg Racing atau Jari jari

Sebarkan :

 

velg

Depokrayanews.com– Banyak yang mengatakan motor standar sesuai bawaan pabrik kurang enak untuk dibawa nongkrong apalagi ngebut. Hal inilah yang membuat banyak remaja sengaja mengubah atau memodifikasi tampilan sepeda motornya. Ada yang menggunakan velg racing, ada juga velg jari jari.

Dipasaran Indonesia ini sudah banyak velg yang dijual berdasarkan jenisnya terdapat 2 yaitu velg racing /palang atau istilahnya yaitu cast wheel kemudian untuk jenis yang kedua yaitu velg jari jari atau ruji atau istilah lainya yaitu spoke wheel.

Velg jari jari atau ruji itu memiliki bagian utama agar bisa digunakan diantaranya yaitu velg, ruji /jari jari dan tromol. Untuk velg jenis yang satu ini biasanya digunakan pabrikan untuk motor yang masih mengusung mesin 110 cc dan 125 cc atau di tahun 2009an . Ya velg ruji atau jari jari ini memiliki daya tahan yang lumayan cukup kuat untuk menerjang jalan yang tidak rata atau jalan yang banyak lubang.

Karena kekuatan velg yang tinggi maka velg jenis ini juga banyak digunakan untuk balapan road race, off road dan juga motocross. Untuk motor cross memang kebanyakan menggunakan velg jari jari dikarenakan memang medan yang dilalui kebanyakan yaitu lumpur, bebatuan dan sebagainya sehingga dibutuhkan velg yang kokoh dan kuat.

Saat berkendara kemudian terjadi benturan keras dengan lubang yang cukup besar kemungkinan yang akan terjadi pada velg tersebut yaitu bengkok saja pada bagian velgnya tidak sampai patah ya walaupun ada juga yang patah tapi tergantung bahan pada velg yang digunakan.

Ya walaupun bengkok tapi masih bisa diperbaiki yaitu dengan di press ulang menggunakan mesin ,maupun diganti velg dengan yang baru. Selain kuat velg jenis jari jari ini juga memiliki bobot yang cukup ringan dari velg racing ,nah itulah alasan beberapa pembalap road race menggunakan velg jari jari ,apalagi ajang balap di trek lurus (drag race) maka dibutuhkan motor yang kenceng dan enteng untuk dipacu dilintasan jalan yang lurus.

Sebagian pengguna motor ada yang berpendapat bahwa velg dengan model ini kurang keren dan juga memiliki kekurangan yaitu susah untuk mencucinya karena membutuhkan kesabaran dalam membersihkan setiap ruji satu persatu, kalau ada yang terlewat tentunya bisa terjadi karat (apa lagi musim hujan)

Velg racing velg yang satu ini sekarang ini sudah banyak digunakan oleh produk produk motor semua pabrikan motor. Velg ini banyak digunakan karena praktis, untuk yang menggunakan velg jari jari pun lebih mudah kalau mengganti dengan yang baru karena gak serepot dengan velg jari jari. Anda cukup membeli unit velg maka sudah bisa langsung di pasang di motor, sedangkan untuk velg jari jari anda harus membeli ruji, tromol dan velgnya itu sendiri.

Velg Cast wheel ini dalam bagian bearing tidak mudah aus sehingga lebih awet ditambah lagi velg racing jenis ini lebih stabil jika digunakan untuk bermanuver dan digunakan untuk hard breaking. Selain stabil velg jenis ini juga memiliki tampilan yang cukup keren dan lebih mudah dalam perawatannya misalnya dalam mencuci velgnya.

Karena kestabilan yang lebih baik sehingga velg jenis ini banyak digunakan untuk ajang balap road race, dan sirkuit ,sedangkan jika anda ingin menggunakan ban tubeless maka tidak perlu mengakali lagi karena tinggal pasang saja.

Namun velg jenis ini biasanya memiliki harga yang lumayan cukup mahal dibandingkan dengan velg jenis jari jari atau spoke wheel. Untuk dari segi kekuatan velg ini masih dibawah velg jari jari itu artinya kekuatannya masih bagusan velg jari jari . Nah pernahkan anda melihat velg racing hancur saat terjadi crash (walaupun hancur tersebut disebabkan karena benturan yang keras) nah jika mengalami kerusakan pada velg racing maka tidak bisa diperbaiki lagi harus membeli yang baru,tapi jika mengalami kerusakan ringan maka masih bisa di press . Selian itu juga velg racing ini memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan velg jari jari. (sindo)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cyberjek Hadir Bukan untuk Bersaing dengan Gojek dan Grab

DepokRayanews.com- Pemain layanan ojek online berbasis aplikasi bertambah satu lagi. Namanya Cyberjek. Aplikasi baru ini ...