Pemudik Jangan Lupa Bawa Kartu BPJS

Sebarkan :

 
Kepala BPJS Kota Depok bersama Pemkot Depok, ARSSI dan IDI memberikan penjelasan soal pelayanan kesehatan selama libur lebaram.

Kepala BPJS Kota Depok Nurifansyah (4 dari kiri) bersama Pemkot Depok, ARSSI dan IDI memberikan penjelasan soal pelayanan kesehatan selama libur lebaran.

Depokrayanews.com- Pemerintah benar-benar memberikan pelayanan luar biasa bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama liburan lebaran tahun 2016.  Kenapa tidak,  semua pemegang kartu Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan mendapatkan pelayanan kesehatan dengan prosuder yang sangat ringkas, tidak perlu berjenjang mulai dari fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama seperti yang berlaku selama ini.

”BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya selama libur lebaran yaitu para peserta BPJS dapat berobat di luar wilayah tanpa  harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.” kata Kepala BPJS Kesehatan Kota Depok, Nurifansyah kepada wartawan di Depok, Rabu (29/6/2016).

BPJS secara khusus menggelar pertemuan dengan wartawan untuk menjelaskan kebijakan pemerintah itu. Selain Nurifansyah, dalam jumpa pers itu hadir Asisten Bidang Eksbangsos Eka Bachtiar, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Lies Karmawati, Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Kota Depok Amri. Wakil Ketua Apindo Ikar Iskandar dan Ketua IDI Kota Depok, Sukwanto Gamalyono dan beberapa pengurus IDI lain.

Menurut Ifan—panggilan Nurifansyah, kebijakan yang baru pertama kali dilakukan itu merupakan bagian dari pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, terutama peserta JKN. BPJS sebagai penyelenggara JKN, kata dia, berusaha semaksimal mungkin bisa memberikan kemudahan kepada peserta. Tema yang diusung untuk melaksanakan program itu adalah: Mudik Nyaman Selama di Kampung Halaman Bersama BPJS Kesehatan.

”Karena itu, kami sudah bicara dengan Pemkot Depok, IDI Depok, ARSSI Depok, dan Apindo Depok, bagaimana agar kebijakan pemerintah ini bisa berjalan dengan baik,” kata Ifan. Dia meminta agar semua peserta JKN membawa kartu BPJS Kesehatan saat mudik, sehingga kalau terjadi sesuatu di kampung halaman, atau di saat mudik, bisa langsung ditangani rumah sakit terdekat. Pelayanan prima itu berlaku sejak H-7 sampai dengan H+7 lebaran.

Ketua ARSSI Kota Depok, Amri menyatakan siap melaksanakan kebijakan pemerintah itu. ”Kami dari pihak rumah sakit siap melakanakan program itu dan kami pun sudah melakukan pertemuan teknis dengan semua pelaksana di lapangan, sehingga semua pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan bisa terlayani dengan baik,” kata Amri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Lies Karmawati menyatakan pihaknya akan mengawal dan mengawasi pelaksanaan program itu. Bahkan dinkes Kota Depok menyiapkan hotline pengaduan masyarakat kalau ada rumah sakit yang tidak memberikan pelayanan dengan baik.

”Kami juga perintahkan 11 Puskesmas untuk siap siaga selama libur lebaran,” kata Lies. Tapi karena keterbatasan tenaga medis yang piket, maka pelayanan yang diberikan Puskesmas benar-benar yang urgen. ”Kalau tidak bisa ditangani di Puskesmas, akan kami rujuk ke rumah sakit,” kata Lies.

Eka Bachtiar berharap, karena sudah dilakukan rapat koordinasi, maka program itu harus bisa berjalan dengan baik. (and)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PDAM Tirta Asasta Depok Berikan Penghargaan kepada Pelanggan

DepokRayanews.com- Dalam upaya meningkatkan pelayanan air baku bersih siap minum, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) ...