Pemkot Depok Cairkan Dana Bantuan 10 Partai Politik

Sebarkan :

 
Pemkot Depok mencairkan dana bantuan untuk 10 partai politik.

Pemkot Depok mencairkan dana bantuan untuk 10 partai politik.

Depokrayanews.com- Sepuluh partai politik (Parpol) yang ada di Kota Depok mendapat bantuan dana Rp 870 juta dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Penyaluran dana bantuan itu sesuai
Peraturan Pemerintah (PP) No 5 Tahun 2009 tentang bantuan parpol.

Walikota Depok, Muhammad Idris mengatakan, dana bantuan itu berasal dari anggaran pendapatan asli daerah (PAD). Besaran anggaran yang diberikan sesuai PAD dan jumlah kursi sesuai dengan yang diatur PP No 5 Tahun 2009.

“Oleh karenanya PAD kedepannya akan ditingkatkan. Salah satunya adalah dengan mengandalkan pajak,” kata Idris.

Sejak tahun 2003 yang lalu, PAD Depok sudah mengalami kenaikan tapi belum terlalu signifikan. ” Kedepannya, untuk meningkatkan PAD Depok, kami akan memanfaatkan potensi wisata yang ada di Kota Depok,” kata dia.

Sementara itu, Dadang Wihana, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengatakan, bantuan dana yang diberikan pemerintah kepada parpol bertujuan untuk pendidikan politik, pengkaderan maupun administrasi partai. 

“Jumlah yang diberikan, dilihat dari perolehan suara yang didapatkan saat Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014. Dimana setiap satu suara mendapatkan Rp 1.077,” kata Dadang,

Sedangkan untuk porsi pembagiannya, 60 persen untuk pendidikan politik dan 40 persen untuk administrasi partai.

Saat ini,parpol yang paling besar mendapatkan bantuan adalah PDI Perjuangan yakni sebesar 178 Juta dengan perolehan suara sebanyak 165.144.

Sedangkan penerima anggaran terkecil yaitu Partai Nasdem sebesar Rp 27 Juta dengan perolehan suara sebanyak 24.418. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Yuk kita coba buat Kaastengel untuk persiapan lebaran.

Yuk, Kita Coba Resep Klasik Ini , Kaastengels

Resep Diana Soetjipto Nan’s Kitchen DepokRayanews.com- Ramadhan baru beberapa hari berjalan, namun hawa lebaran sudah ...