Partai Golkar Dikendalikan Penguasa Bayangan

Sebarkan :

 
Bendera Partai Golkar

Bendera Partai Golkar

Depokrayanews.com- Pengamat politik Hanta Yuda melihat ada kecenderungan Partai Golkar dikendalikan oleh penguasa bayangan.

Banyak hal ditentukan dari eksternal partai, sehingga tingkat otonomitas kelembagaan Golkar semakin lemah.

“Semakin ke sini, saya melihat ada penguasa bayangan. Golkar ditentukan oleh faktor eksternal yang lebih besar,” kata Hanta Yuda, Minggu (21/5/2017).

Menurut Hanta, kondisi Golkar semakin dibebani dengan tingkat elektoral sehingga membuat sangat tergantung pada penguasa hingga membuat organisasi tidak leluasa. “Tingkat ketersanderaan Golkar semakin tinggi,” kata dia.

Meskipun jauh-jauh hari Partai Golkar sudah menyatakan mendukung Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019, tapi kata Hanta, belum tentu Jokowi sejalan. Jokowi akan lebih nyaman bersama PDIP karena tren PDIP lebih positif dibandingkan Golkar.

“Meskipun Golkar yang pertama, belum tentu Jokowi berhasrat, kemungkinan lebih memilih PDIP dan Nasdem. Tapi ya kita lihat saja nanti seperti apa,” kata dia. (mad/pkn)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah progres pembangunan jalan tol Depok Antasari dengan latar belakang SMPN 13 Depok.

Gedung SMP Negeri 13 Depok Bakal Kena Gusuran Proyek Tol Desari

DepokRayanews.com- Sedikitnya 9 ruang kelas SMPN 13 Depok di Jalan Raya Krukut, Limo, Kota Depok ...