Gerak Langkah Farabi A. Rafiq di Panggung Politik

Sebarkan :

 
Walikota Depok Mohammad Idris bertemu Ketua Partai Golkar Kota Depok Farabi A. Rafiq

Walikota Depok Mohammad Idris bertemu Ketua Partai Golkar Kota Depok Farabi A. Rafiq

Depokrayanews.com- Usianya relatif muda, tapi sudah menyandang gelar dokter spesialis anak.

Di panggung politik, laki-laki bertubuh tinggi ini sudah mulai berkiprah ketika menjadi Bendahara Umum Angkatan Muda Majelis Dakwah Islamiyah (AM MDI) di Jakarta.

Dari situlah darah politiknya mulai menguat. Apalagi ketika kuliah sudah pernah menjadi Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Artinya, dunia politik bukan ranah baru bagi dirinya, sehingga ketika kemudian terpilih sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok, tidak membuat dia kaget, apalagi canggung.

Dialah, dr Farabi A. Rafiq. Kalau melihat nama belakangnya sudah tidak salah lagi kalau Farabi adalah putra penyanyi legendaris A. Rafiq. Meski penyanyi, tapi sepanjang hidupnya A. Rafiq aktif di Golkar, meskipun tidak mau duduk di struktur kepengurusan,

Darah seni dan darah politik mengalir cukup lama di tubuh A. Rafiq yang meninggal beberapa tahun lalu.

A.Rafiq pernah tinggal di Depok. Kini kediamannya di kawasan RTM, Kelapa Dua, Depok sudah disulap menjadi rumah sakit ibu dan anak sesuai amanah A. Rafiq sebelum meninggal.

Darah politik A. Rafiq itu kemudian mengalir ke beberapa putranya, seperti Fadh El Fouz dan Farabi A. Rafiq.

Fadh, adik Farabi menjadi Ketua Umum DPP AMPG. Kemudian satu lagi kakak Farabi pernah menjadi Wakil Bupati di Pekalongan dan kini menjadi Ketua DPD Partai Golkar Pekalongan

Sedangkan Farabi sejak November 2016 lalu menjadi Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok hasil Munaslub Partai Golkar Depok

Garis tangan dan suratan Allah Swt, memang tidak bisa dielakan, dan tidak bisa dipungkiri. Kalau Allah Swt berkendak, apapun bisa terjadi. tentu dengan jalan Allah Swt juga, meskipun caranya bermacam-macam.

Itulah yang dialami Farabi, baru beberapa bulan menjadi Sekjen DPD Partai Gokkar Kota Depok, bahkan belum sempat dilantik, Farabi kemudian terpilih sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok.

Meski seorang dokter spesialis, gerak langkah Farabi di dunia poltik ternyata sangat lentur. Farabi bisa membawakan diri, Bisa menata apa dan bagaimana harus dilakukan dan oleh siapa.

Dulu ketika di kampus pun Farabi termasuk anak yang cerdas. Bahkan ketika lulus sebagai dokter spesialis anak (SpA), Farabi meraih predikat cum laude.

Banyak tantangan yang dihadapi Farabi ketika membenahi Partai Golkar Kota Depok. Misalnya soal anggota DPRD Depok dari Partai Golkar, Ervan Teladan kesandung kasus narkoba. Ervan kemudian ditangkap aparat. setalah hampir 2 minggu jadi buronan. Kasus Ervan dianggap mencoreng nama baik Golkar.

Farabi kemudian mengambil sikap tegas dengan memecat Ervan. Langkah Farabi itu mendapat dukukungan dan apresiasi dari DPD Partai Golkar Jawa Barat.

Kemudian kasus Wenny Haryanto, anggota DPR RI Partai Golkar dari Dapil Depok-Bekasi, yang melakukan kunjungan kerja ke wilayah Depok.

Acara yang dikemas Wenny bersama Babai Suhaimi, mantan Ketua DPD Partai Golkar Depok itu, akhirnya dibubarkan secara paksa oleh Djaenul AB yang ketika itu masih menjadi Plt Ketua Partai Golkar Kecamatan Cipayung.itu

Djaenul secara spontan melakukan tindakan itu karena merasa tidak dihargai sebagai senior Golkar.

Tapi kemudian Djaenul meminta maaf kepada Farabi sebagai Ketua DPD Partai Golkar. Sedangkan Wenny mendapat surat teguran dari DPP Partai Golkar.

Di internal, Farabi menata ulang semua struktur kepengurusan. Beberapa Pengurus Kecamatan yang kinerjanya kurang bagus, diganti melalui prosedur Musyawarah Kecamatan Luar Biasa (Muscamlub).

Sebelum ke tingkat kecamatan, dilakukan musyawarah di tingkat kelurahan untuk memilih ketua-ketua kelurahan. Pemilihan ketua tingkat kelurahan melalui musyawarah ini,. baru pertama kali dilakukan sejak Golkar ada di Kota Depok

Tidak heran kalau kemudian langkah poltik Farabi mendapat perhatian banyak pihak, termasuk di internal partai. Sikapnya yang tegas membuat alur organisasi berjalan sebagaimana mestinya meskipun belum 100 persen.

Di eksternal partai, Farabi sangat pintar bergaul dan sangat menghormati senior-senior Partai Golkar yang tidak pernah mencoreng nama partai. Farabi mendatangi kediaman Naming Bothin, sesepuh Partai Golkar yang dalam keadaan sakit. Farabi bahkan mencium tangan Naming yang tengah duduk di atas kursi roda.

Farabi juga menjenguk Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Depok, Hendrik Tangke Allo yang terbaring sakit Hendrik adalah Ketua DPRD Kota Depok

Begitu juga ketika Ketua DPC Partai Gerindra Pradi Supriatna sakit, Farabi langsung menjenguk Wakil Walikota Depok itu.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok Farabi A. Rafiq mengobrol santai dengan Wakil Walikotq Depok Pradi Supriatna.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok Farabi A. Rafiq mengobrol santai dengan Wakil Walikotq Depok Pradi Supriatna.

Keakrapan Farabi dengan Pradi dan Hendrik dimulai ketika Farabi dilantik sebagai Ketua DPD Partai Golkar. Pradi, Hendrik dan beberapa ketua partai hadir ketika itu

Sejak itulah hubungan secara pribadi maupun secara politik terjaga sampai kini. Bahkan dengan Pradi, pertemuan dalam kesempatan formal dan informal sangat sering terjadi. Keduanya selalu tampak sangat akrap.

Bagaimana dengan Walikota Depok Mohammad Idris? Meskipun ketika Pengurus DPD Partai Golkar Kota Depok melakukan audiensi ke Pemkot Depok, tidak sempat diterima walikota, tapi hubungan Farabi dengan Idris sangat baik.

Bahkan pada sebuah acara formal, Farabi tampak berbicara sangat santai penuh keakrapan dengan Idris. Keduanya duduk bersebelahan, sambil mengobrol, kemudian dilanjutkan lagi ketika momen hendak menuju lokasi acara, Farabi dan Idris tampak sangat akrap.

Keluarga besar Partai Golkar Kota Depok memang sudah sepakat untuk mengusung Farabi A. Rafiq sebagai calon Walikota Depok periode mendatang.

Lalu apa yang akan terjadi kemudian? Hanya Allah Swt yang maha mengetahui. Apakah Farabi akan menjadi walikota atau wakil walikota Depok? Apakah Farabi akan berpasagan dengan Idris atau Pradi? Kita tunggu skenario dari dari Allah Swt. (red)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Seleksi+CPNS

1.254 Orang Tidak Lolos Seleksi Administrasi CPNS Kota Depok

DepokRayanews.com- Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 Kota Depok, mengumumkan nama-nama pelamar yang ...