2 Menteri Resmikan Skytrain Bandara Soekarno-Hatta, Ini Jadwal Operasionalnya

Sebarkan :

 
Skytrain Bandara Soekarno-Hatta resmi beroperasi setelah diresmikan dua menteri, Minggu (17/9/2017)

Skytrain Bandara Soekarno-Hatta resmi beroperasi setelah diresmikan dua menteri, Minggu (17/9/2017)

Depokrayanews.com- Kereta canggih tanpa awak Skytrain, resmi beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta Minggu (17/9/2017).

Peresmian operasi Skytrain dilakukan oleh dua Menteri, yakni Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Skytrain yang nama resminya  Automated people mover system (APMS),  tersebut kini sudah mulai bisa mengangkut penumpang antar terminal yang ada di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Pengoperasian Skytrain yang akan melayani perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 3 ke Terminal 2 dan sebaliknya diresmikan Meneg BUMN Rini M Soemarno dan Menteri Perhububungan Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, pada tahap awal operasional Skytrain  tetap melibatkan pengemudi hingga 6 bulan ke depan sekaligus  bagian dari familiarisasi dan sosialisasi kepada publik. Namun, setelah itu Skytrain akan beroperasi tanpa awak.

Awal skytrain beroperasi  pada pukul 07.00 – 09.00 WIB, lalu 12.00 – 14.00 WIB, serta 17.00 – 19.00 WIB. Namun nantinya, Skytrain akan beroperasi 24 jam dalam 1 hari.

Lintasan yang dilalui pada tahap awal sepanjang 1.700 m dan kapasitas 1 set Skytrain yang terdiri dari 2 kereta ini adalah sebanyak 176 orang.

Tahap berikutnya Skytrain akan menghubungkan juga Terminal 3, Terminal 2, stasiun kereta bandara, dan Terminal 1 dengan total lintasan dual track mencapai 3.050 m atau sekitar 3 km. Saat beroperasi penuh, headway Skytrain ditetapkan setiap 5 menit dengan total waktu tempuh 7 menit. (red/pkn)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mendikbud Muhadjir Effendi.

Pengumuman Hasil UN SMP/MTs Ditunda Jadi 25 Mei

DepokRayanews.com- Pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs yang seharusnya dilakukan pada 23 Mei, ditunda ...