Elly Farida: Ini Pola Pengasuhan yang Ideal Bagi Anak

Sebarkan :

 
Bunda Elly Farida menjadi pembicara pada Workshop Parenting yang diselenggarakan DPAPMK.

Bunda Elly Farida menjadi pembicara pada Workshop Parenting yang diselenggarakan DPAPMK.

Depokrayanews.com- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, Elly Farida bicara blak-blakan soal pola pengasuhan yang diterapkan para orang tua.

“Saya mengamati ada tiga pola atau tiga tipe pengasuhan yang diterapkan orang tua pada anak. Pola-pola itu akan berpengaruh pada psikologis anak saat dewasa nanti,” kata Elly Farida usai membuka Workshop Parenting yang diselenggarakan Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK), Senin (25/9/2017).

Menurut Bunda Elly —sapaan Elly Farida, tiga pola pengasuhan yang diterapkan orang tua itu adalah pilihan dan orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik kepada anaknya.

Tiga pola asuh yang dimaksud Bunda Elly adalah: pertama tipe tukang laundry. Pada pola ini orang tua menyerahkan sepenuhnya pendidikan anaknya kepada sekolah tanpa ada campur tangan ayah atau pun bundanya.

“Tipe pengasuhan ini tidak tepat, karena kewajiban mendidik anak itu yang utama ada di tangan orang tua. Bukan di tangan sekolah belaka,” kata Istri Walikota Depok, Mohammad Idris itu.

Kedua, tipe mercusuar. Dalam tipe ini, orang tua tidak memberikan kesempatan kepada anaknya untuk mandiri dalam menentukan sikap dan tidak ada komunikasi dengan anaknya. Semua sesuai instruksi orang tua.

“Dengan tipe ini, orang tua tidak menghargai potensi dan kecerdasan yang dimiliki anak. Bahkan, akibatnya anak bisa stres dan tidak mandiri. Bila berprestasi yang bangga hanya orang tua,” kata dia.

Dan yang ketiga, tipe air. Ini menurut Bunda Elly sebagai pola pengasuhan yang ideal. Dengan menerapkan pola pengasuhan ini, orang tua mampu mengantarkan anaknya yang memiliki potensi dan bersikap terbuka. Bila berprestasi menjadi kebahagiaan bersama, baik orang tua maupun anak.

“Tipe seperti ini yang sangat diidamkan. Kalau setiap keluarga di Depok menerapkan tipe air ini, tentunya harapan kita menjadikan Depok dengan kuatnya ketahanan keluarga tentu akan dapat kita raih bersama-sama,” kata Bunda Elly. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wapres JK

Soal 200 Mubaligh, Wapres Mendadak Panggil Menteri Agama

DepokRayanews.com- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mendadak memanggil Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin terkait polemik ...