Kalah Bersaing, Ribuan Mobil Taxi Terancam Jadi Besi Tua

Sebarkan :

 
Taxi konvensional terancam gulung tikar karena kalah bersaing.

Taxi konvensional terancam gulung tikar karena kalah bersaing.

Depokrayanews.com- Kehadiran taksi maupun ojek berbasis online ternyata mulai menghantam angkutan konvensional.

Banyak perusahaan taksi kini dalam kondisi sekarat karena kalah bersaing. Ribuan kendaraan terpaksa dikandangkan hingga jadi besi tua.

“Taksi online semakin menggeser taksi konvensional,” kata Ketua DPD Organda DKI Jakarta, Safruhan Sinungan, Selasa (10/10/2017).

Dari 32 perusahaan taksi yang beroperasi di Jakarta, hanya tinggal beberapa saja yang bertahan antara lain Blue Bird, Express, Gamya, Taxiku, Gading.

Meski tetap bertahan, perusahaan taksi itu mengurangi armadanya. Misalnya taksi Express yang tadinya memiliki 12 ribu unit kini, kini sekitar 9.600 unit termasuk armada taksi Eagle dan Tiara yang termasuk dalam grup Express.

Taxiku dari 2.500 sekarang tinggal 100 yang beroperasi. “Ini situasi yang sangat menyedihkan,” kata Safruhan.

Salah satu penyebab bangkrutnya perusahaan taksi konvensional, karena mereka harus mengikuti penetapan tarif seusai amanah UU No 22/2009 dan Peraturan Pemerintah No 74/2014.

Sedangkan taksi online, kata Safruhan, mengenakan tarif tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan, terlebih pasca putusan Mahkamah Agung. “Dia (taksi online) tentukan tarif sendiri dan menurut logika bisnis tidak masuk akal,” kata Safruhan.(red/pkn)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Seleksi+CPNS

Wow, Pelamar CPNS Mencapai 4,43 Juta Orang

DepokRayanews.com- Pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini mencapai 4,43 juta orang, Angka ini ...