Begini Cara Pemerintah Melakukan Pemerataan Pembangunan

Sebarkan :

 
Darmin Nasution

Darmin Nasution Menko Perekonomian.

Depokrayanews.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah telah melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi dalam tiga tahun terakhir.

Cara yang dilakukan adalah dengan memangkas anggaran subsidi untuk pembangunan infrastruktur, bantuan sosial, dan peningkatan sumber daya manusia.

“Jadi dengan mengorbankan subsidi, kita genjot infrastruktur dan bangun sistem pengeluaran untuk bantuan sosial (bansos),” kata Darmin, Selasa (17/10/2017).

Menurut Darmin,Indonesia adalah negara kepulauan yang membutuhkan pemerataan infrastruktur. Oleh karena itu, pemerintah berupaya membangun infrastruktur hingga ke daerah-daerah terpencil.

Berdarkan Perpres nomor 58 tahun 2017, terdapat 245 proyek dan dua program yang termasuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Proyek itu meliputi berbagai sektor seperti jalan, kereta, pelabuhan, dan bandara. Estimasi total nilai investasi dari proyek tersebut mencapai Rp 4.197 triliun.

Hal itu, kata Darmin, adalah bagian dari infrastruktur fisik. Selain itu, pemerintah juga mengembangkan infrastruktur industri dengan menetapkan 12 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta total 28 lokasi Kawasan Industri (KI) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

“Infrastruktur fisik dan industri menyebar ke seluruh daerah secara paralel dan akan mendorong perbaikan penyebaran kegiatan ekonomi,” kata Darmin.

Sementara, terkait pemerataan ekonomi, Darmin mengaku ada tiga pilar utama yakni reforma agraria, peningkatan pendidikan dan pelatihan vokasi, dan penciptaan lapangan kerja. Darmin mengatakan, pembangunan yang dilakukan pemerintah sudah cukup seimbang. “Hasilnya pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, rasio gini, semuanya positif,” kata Darmin. (rol)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah jadwal libur nasional dan cuti bersama Tahun 2019.

Inilah Jadwal Libur dan Cuti Bersama Tahun 2019

DepokRayanews.com- Setelah melalui proses pembahasan yang panjang, pemerintah akhirnya menetapkan hari libur nasional dan cuti ...