Menteri Pertahanan AS Tiba-tiba Ingin Berkomunikasi dengan Panglima TNI

Sebarkan :

 
Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Depokrayanews.com- Wakil Duta Besar Amerika Serikat (AS) Erin Elizabeth Mckee, dipanggil oleh Menlu Retno Marsudi menyusul pelarangan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo masuk ke AS.

Usai pertemuan, Menlu Retno tidak membeberkan semua isi pertemuan kecuali permintaan maaf Dubes atas nama Amerika Serikat.

Selain itu juga klarifikasi bahwa Panglima sudah bisa berangkat ke AS kapanpun dan pihak kedutaan siap memfasilitasi.

Tapi Menlu Retno tetap menuntut penjelasan dan alasan pelarangan tersebut. Tapi tidak ada penjelasan baik dari wakil dubes maupun Menlu Retno tentang alasan pelarangan itu.

Namun Menlu Retno menjelaskan, pasca insiden itu Panglima Angkatan Bersenjata AS Jenderal Joseph F Dunford, Jr yang mengundang Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tiba-tiba berkeinginan untuk bisa komunikasi dengan Jenderal Gatot. Saat ini komunikasi itu tengah diatur waktunya

“Jadi mereka bilang, kami sangat menyambut baik kunjungan dan tidak ada pembatasan dalam bentuk apapun dan terdapat keinginan dari Jenderal Dunford untuk berkomunikasi dengan Panglima dan mereka saat ini sedang mengatur komunikasi tersebut,” kata Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/10/2017).

Retno mengatakan, pihak kedutaan AS juga menyampaikan pentingnya Indonesia bagi Amerika Serikat. Ia menambahkan, hubungan kedua negara dalam kondisi yang baik.

Kendati demikian, Menlu Retno menegaskan, Pemerintah Indonesia masih menunggu klarifikasi ataupun penjelasan dari Pemerintah AS.

Panglima TNI Gatot Nurmantyo ditolak masuk ke Amerika Serikat saat hendak berangkat memenuhi undangan Panglima Angkatan Bersenjata AS Jenderal Joseph F Dunford, Jr. dalam acara konferensi Chiefs of Defence conference on country violent extremist organizations (VEOs) di Washington pada 23-24 Oktober ini. (mad/pkn)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Walikota Depok Mohammad Idris didampingi Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna usai menghadiri acara Halal Bihalal Dinas Pendidikan Depok.

Walikota Depok akan Terbitkan Perwal Mencegah LGBT

DepokRayanews.com- Walikota Depok. Mohammad Idris akan menerbitkan Peraturan Walikota (Perwal) untuk mencegah lesbi, gay, biseksual ...