Dinkes Gelar Bimtek HACCP untuk Menjamin Keamanan Pangan

Sebarkan :

 
Dr Hidayat, Dinkes Depok.

Dr Hidayat, Dinkes Depok.

Depokrayanews.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota Depok menggelar bimbingan teknis (bimtek) dasar Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP).

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari itu diikuti 30 pelaku usaha industri rumah tangga pangan (IRTP).

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kota Depok Hidayat mengatakan, penerapan HACCP penting dilakukan para pelaku usaha agar produk yang dihasilkan dapat aman dan bermutu saat dikonsumsi. Tentunya dengan serangkaian prosedur yang sudah ditetapkan.

“HACCP ini fokus untuk proses pengolahan makanan dari hulu ke hilir agar pangan yang dihasilkan berkualitas,” kata Hidayat, Rabu (25/10/2017).

Dikatakannya, prosedur yang baik dalam pengolahan makanan meliputi pemilihan bahan baku yang baik dan benar, suhu masak yang digunakan sesuai dengan titik didih, proses sterilisasi, serta kebersihan makanan.

Selain itu, kadar air yang digunakan juga penting untuk diperhatikan sesuai dengan jenis makanannya agar keawetan pangan dapat terjaga. Tidak hanya itu, pengemasan makanan juga harus melalui proses sanitasi.

Diharapkan dengan bintek yang diberikan, pelaku usaha dapat menerapkan prosedur yang sesuai dengan ketetapan, sehingga kualitas pangan dapat terjaga.

“Semoga seluruh pelaku IRTP di Kota Depok dapat menjamin keamanan pangan yang dihasilkan agar masyarakat tidak khawatir saat mengonsumsinya,” kata Hidayat. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mohammad Idris

Tida Ada Titip Menitip Dalam Penerimaan CPNS

DepokRayanews.com- Walikota Depok, Mohammad Idris memastikan tidak akan titip menitip dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri ...