Pelatihan Gratis dari Kadin: Emak-emak Depok Jagoan Jualan Online

Sebarkan :

 
Kadin Kota Depok mengadakan pelatihan digital marketing secara gratis bagi UMKM Kota Depok.

Kadin Kota Depok mengadakan pelatihan digital marketing secara gratis bagi UMKM Kota Depok.

Depokrayanews.com- Kadin Kota Depok memberikan pelatihan digital marketing secara gratis kepada pelaku UMKM Kota Depok.

Karena sebagian besar pelaku UMKM di Depok adalah perempuan maka, tema pelatihan yang diusung adalah: Emak-emak Depok Jagoan Jualan Online.

Pelatihan itu diadakan di Teras UMKM Kadin lantai Satu, Mall Depok Town Square (Detos), Jalan Margonda. Kota Depok, Jumat (27/10/2017) siang mulai pukul 13.30. wib.

Wakil Ketua Kadin Kota Depok, Desfandri mengatakan, pelatihan digital marketing diberikan kepada UMKM agar UMKM mampu mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang begitu pesat

“Pertumbuhan penjualan secara online sangat pesat. Hasil riset terakhir menunjukan, hampir separoh transaksi penjualan sekarang terjadi secara online. Ini harus bisa diikuti oleh UMKM agar bisa bertahan dan berkembang,” kata Desfandri yang juga penanggungjawab pengadaan 200 kios bagi UMKM Kadin di Mall Detos.

Menurut Desfandri, ke depannya, toko atau kios akan berubah fungsi, tidak lagi sebagai tempat penjualan langsung, tapi berfungsi sebagai kantor sekaligus gudang.

Transaksi penjualan sesungguhnya ada di dunia maya, semua secara online, termasuk pembayaran.

Tren ini, kata Desfandri, akan terus meningkat. Kondisi ini tidak hanya akan terjadi di dunia bisnis, tapi di jasa pelayanan, seperti perizinan, PLN, BPJS, PDAM dan jasa lainnya.

Konsep berjualan secara online ini yang dikembangkan Kadin Kota Depok terhadap sekitar 200 UMKM yang ada di Mall Detos

“Kios-kios itu hanya sekedar tempat display kalau ada pembeli ingin melihat produknya. Tapi penjualan dilakukan secara online,” kata Desfandri

Dengan belajar digital marketing, UMKM bisa membuka kios online sendiri. Semua transaksi dilakukan secara online. Sedangkan kios yang ada di Mall Detos sebaga kantor UMKM.

“UMKM pakai alamatnya di mall kan lebih keren dan lebih meyakinkan pembeli yang belanja secara online. Apalagi bisa membuat tampilan yang menarik di kios onliennya,” kata dia.

Karena itu, Kadin Kota Depok bekerjasama dengan Tim IT Cermat pimpinan Rudi Malau untuk memberikan pelatihan digital marketing kepada UMKM..

Metode pelatihan yang diberikan Tim IT Cermat dipilih yang sangat praktis dan efektif, hanya menggunakan HP berbasis android, tidak pakai komputer atau laptop.

“Kita akan berikan teori sedikit, kemudian akan lebih banyak praktek, sehingga para peserta benar-benar bisa langsung membuka kios online,” kata Rudi Malau.

Para peserta diwajibkan membawa HP berbasis android supaya bisa langsung praktek membuat kios online.

Kalau semua UMKM yang ada di Mall Detos bisa jualan secara online, maka keluhan mall sepi dan sebagainya tidak akan terjadi lagi

“Jadi kita akan coba merubah pola pikir bahwa berjualan itu tidak harus menunggu pembeli datang ke kios atau ke toko. Tapi dengan digital marketing, produk UMKM kita hadirkan langsung di HP calon pembeli,” kata Rudi, pemilik Giant Komputer.

Usai pelatihan, Tim IT Cermat akan memberikan hadiah kepada peserta pelatihan terbaik. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BPJS Kesehatan mengembangkan sistem rujukan online untuk mengatasi keluhan peserta.

Atasi Keluhan Terkait Rujukan, BPJS Kesehatan Kembangkan Sistem Rujukan Online

DepokRayanews.com- Sistem rujukan pelayanan kesehatan merupakan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung ...