UMP DKI Jakarta Tahun 2018 Ditetapkan sebesar Rp 3.648.035

Sebarkan :

 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Depokrayanews.com- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno menetapkan
UMP DKI Jakarta 2018 sebesar Rp 3.648.035.

Menurut Anies, besaran UMP DKI Jakarta yang telah ditetapkan, dihitung berdasarkan inflasi nasional sebesar 3,72%, pertumbuhan ekonomi sebesar 4,99%, berdasarkan kenaikan inflasi yang ditetapkan Menteri Ketenagakerjaan sebesar 8,71%.

Penetapan UMP 2018 itu lebih tinggi Rp 292.285 dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 3.355.750.

UMP ini berlaku efektif per 1 Januari 2018. Penetapan UMP itu juga sudah menimbang aspirasi dari pihak pengusaha maupun pekerja.

“Putusan ini tidak sederhana, negosiasinya cukup panjang. Wakil Gubernur negosiasi dengan multi stakeholder hingga ditetapkan angka sebesar itu,” kata Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan, Rabu (1/11/2017).

Dikatakan, dengan kenaikan UMP tersebut, harapannya akan memudahkan semua pihak. “Artinya dari sisi buruh kenaikan ini akan memudahkan sedangkan dari pengusaha tidak menanggung beban berat,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menambahkan, penetapan UMP sudah memperhitungkan beberapa hal, mulai dari regulasi hingga kebutuhan pekerja dan juga pembahasan dengan berbagai pihak.

“Setidaknya ada 15 acuan, ada undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan menteri. Solusi bagi dunia usaha yang melemah, dan serikat pekerja soal biaya hidup tinggi, ongkos transportasi dan belanja,” kata Sandiaga.(mad/pkn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Walikota Depok Mohammad Idris melantik pejabat Pemkot Depok

Mutasi Jilid IV Hari Ini di Pemkot Depok

Depokrayanews.com- Meski belum berumur dua tahun Mohammad Idris-Pradi Supriatna sebagai Walikota dan Wakil Walikota Depok, ...