Tahap Ujicoba, Perjalanan Kereta Api Jakarta – Bandara Soetta 40 Kali /Hari

Sebarkan :

 
Kereta api Jakarta-Bandara Soekarno-Hatta sedang disiapkan untuk ujicoba pada 25 November mendatang.

Kereta api Jakarta-Bandara Soekarno-Hatta sedang disiapkan untuk ujicoba pada 25 November mendatang.

Depokrayanews.com- Kereta Api dari Jakarta ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) akan diuji coba pada 25 November mendatang.

Pada ujicoba pertama, frekuensi perjalanannya belum full 124 perjalanan kereta api per hari tapi baru 40 perjalanan.

“Uji coba operasi belum ‘full’ 124 kereta, tapi 40 KA dulu,” kata Direktur PT Railink Heru Kuswanto di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (2/11/2017)

Heru mengatakan uji coba akan melibatkan uji coba teknis sehingga semua persiapan dicek sebelum beroperasi penuh.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro mengatakan pihaknya tengah mengejar target operasi pada 25 November mendatang. “Kita kerja keras supaya untuk percepatan kejar 25 November nanti uji coba,” kata dia.

Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Putra II Djoko Murdjatmodjo mengatakan pihaknya tengah mengejar penyelesaian stasiun. “Mudah-mudahan sudah beres sebelum waktu uji coba,” kata Djoko.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Sarana Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Edi Nursalam mengatakan dari segi sarana sudah siap.

“Yang sudah disertifikasi itu enam rangkaian kereta, nanti tanggal 25 sudah siap delapan rangakain kereta,” katanya.

Dia mengatakan uji coba ini akan dilakukan secara bertahap, di antaranya uji prasarana dan keselamatan atau safety assessment.

“Ini ‘kan masih dalam tahap uji coba, jadi belum bisa sempurna, karena itu diputuskan baru 40 perjalanan per hari,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan kereta bandara Soekarno Hatta beroperasi pada 25 November 2017. Menhub mengatakan saat ini progres pembangunan prasarana KA Bandara sudah mencapai sekitar 90 persen.

“Jadi pembangunan ini sudah sesuai dengan target. KA Bandara ini 25 November 2017 sudah beroperasi. Saat ini progresnya mencapai 90 persen. Semuanya ada 11 kilometer, yang belum tersambung satu sampai dua kilometer,” kata Menhub. (ant/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Walikota Depok Mohammad Idris melantik pejabat Pemkot Depok

Mutasi Jilid IV Hari Ini di Pemkot Depok

Depokrayanews.com- Meski belum berumur dua tahun Mohammad Idris-Pradi Supriatna sebagai Walikota dan Wakil Walikota Depok, ...