Kemacetan di Jabodetabek Timbulkan Kerugian Rp 100 Triliun / Tahun

Sebarkan :

 
Kota Depok mengalami kemacetan parah ketika hujan mengguyur kota itu .

Kota Depok mengalami kemacetan parah ketika hujan mengguyur kota itu .

Depokrayanews.com- Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan memperkirakan kerugian yang timbul akibat kemacetan lalu lintas di Jakarta tahun 2017 mencapai Rp 67,5 triliun. Sedangkan di wilayah Jabodetabek mencapai Rp 100 triliun per tahun.

BPTJ menilai tingkat kemacetan di Jakarta maupun Jabodetabek sudah sangat tinggi.

Perjalanan di Jabodetabek 75 persen didominasi oleh sepeda motor, kendaraan pribadi 23 persen dan angkutan umum 2 persen hingga berdampak pada lingkungan.

Untuk mengurangi kerugian itu, BPTJ melakukan koordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta dan beberapa kepala daerah di Bodetabek.

Kepala Bagian Humas dan TIK BPTJ Farida Makhmudah, mengatakan koordinasi dengan Gubernur DKI dan kepala daerah di Bodetabek membahas program peningkatan layanan angkutan umum dan penanggulangan kemacetan di Jabodetabek.

“Sejak tahun 2000 hingga 2010, jumlah kendaraan yang terdaftar mengalami peningkatan 4,6 kali, ditambah jumlah pengendara dari wilayah Bodetabek menuju Jakarta ada sekitar 1,1 juta, dan ini terus meningkat 1,5 kali lipat sejak tahun 2002,” kata Farida, Minggu (3/12/2017)

BPTJ dan Pemerintah Provinsi DKI, kata dia, mem- push kebijakan seperti penerapan ganjil genap, pengaturan sepeda motor,ramp metering di Tol, electronic enforcement, pengaturan angkutan barang.

Untuk bisa mem-push kebijakan tersebut tengah dipersiapkan lajur khusus angkutan umum di wilayah Jabodetabek, Park and Ride yang memadai, menyiapkan berbagai alternatif angkutan umum seperti Shuttle, JR Connexion, danJA Connexion. (mad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kepala Diskominfo Sidik Mulyono menerima penghargaan Rating Kota Cerdas.

Depok Raih Rating Kota Cerdas di Indonesia

Depokrayanews.com- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diakominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono mewakili Walikota Depok, Mohammad ...