Ribuan Buruh Pelabuhan Mogok Masal Secara Nasional Hari Ini

Sebarkan :

 
Puluhan ribu buruh pelabuhan akan mogok kerja hari Senin (4/12/2017) ini.

Puluhan ribu buruh pelabuhan akan mogok kerja hari Senin (4/12/2017) ini.

Depokrayanews.com- Puluhan ribu tenaga kerja bongkar muat yang tergabung dalam Induk Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (Inkop TKBM) akan menggelar demonstrasi dan mogok kerja di seluruh pelabuhan secara nasional hari Senin (4/12/2017)ini.

“Sampai kini belum ada pernyataan resmi dari serikat pekerja pelabuhan, pekerja transportasi, ataupun TKBM di pelabuhan-pelabuhan untuk membatalkan aksi mogok nasional 4 Desember 2017,” kata Ketua Umum Inkop TKBM Sugito, Minggu (3/12/2017).

Sugito membantah pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengatakan tidak akan ada aksi mogok buruh pelabuhan termasuk di Pelabuhan Tanjung Priok pada hari Senin.

“Kita lihat saja nanti hari Senin mogok buruh pelabuhan bakal terjadi di 97 pelabuhan di Indonesia oleh serikat pekerja buruh pelabuhan dan pekerja transportasi di masing-masing pelabuhan,” kata Sugito.

Ada tiga alasan yang memicu aksi mogok TKBM di pelabuhan, yakni karena pemerintah hendak mencabut surat keputusan bersama (SKB) tiga Menteri (Menteri Perhubungan, Menteri Koperasi dan Menakertrans) yang jadi dasar pengelolaan TKBM oleh Induk Koperasi TKBM.

Kedua, setiap perhitungan ongkos pelabuhan pemuatan/ongkos pelabuhan tujuan (OPP-OPT) yang telah disepakati PT Pelindo I, II, III, dan IV di masing-masing pelabuhan dengan APBMI, saat ini tidak melibatkan koperasi TKBM.

Ketiga, mempersoalkan Keputusan Menteri Perhubungan (KM) 35/ 2007 mengenai pedoman perhitungan tarif pelayanan jasa bongkar muat dari dan ke kapal. (mad/pkn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kepala Diskominfo Sidik Mulyono menerima penghargaan Rating Kota Cerdas.

Depok Raih Rating Kota Cerdas di Indonesia

Depokrayanews.com- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diakominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono mewakili Walikota Depok, Mohammad ...