Waspada Penyakit Difteri karena Gampang Menular dan Bisa Mengancam Jiwa

Sebarkan :

 
Waspada terhadap penyakit difteri karena gampang menular dan bisa menyebabkan kematian.

Waspada terhadap penyakit difteri karena gampang menular dan bisa menyebabkan kematian.

Depokrayanews.com- Hati-hati terhadap penyakit difteri karena gampang menular. Di DKI Jakarta sekitar 15 orang sudah terjangkit penyakit ini. Bahkan di serang, Banten 81 orang yang sudah terserang, 3 orang diantaranya meninggal.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengaku belasan warga ibu kota terserang difteri sepanjang tahun 2017.

Namun, dia mengatakan semua kasus yang terjadi tak ada yang sampai berakibat fatal. “Saya lupa angka pastinya, kurang lebih 15 (orang) selama 2017,” kata Koesmedi seperti dilansir Republika online, Minggu (3/12/2017).

Menurutnya, semua pasien difteri yang pernah terjadi di DKI berhasil disembuhkan.

Namun, dia meminta semua warga tetap waspada. Koesmedi mengaku khawatir dengan banyaknya warga Tengerang yang terkena wabah difteri.

Banten merupakan provinsi paling banyak ketiga terkena wabah difteri yakni sebanyak 81 kasus dengan tiga kematian selama tahun 2017.

Dalam data yang dirilis Kementerian Kesehatan itu, Provinsi Jawa Timur tercatat paling banyak yakni 271 kasus dan 11 kematian. Disusul Provinsi Jawa Barat sebanyak 95 kasus dan 10 kematian.

Difteri merupakan penyakit yang sangat menular dan berpotensi mengancam jiwa. Difteri disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium diphtheriae. Umumnya bakteri difteri menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan. Terkadang, penyakit ini juga dapat memengaruhi kulit.

Difteri menular melalui percikan ludah saat penderita batuk atau bersin, pemakaian barang-barang yang telah terkontaminasi bakterinya, atau sentuhan langsung dengan luka borok difteri. Difteri dapat dicegah dengan imunisasi yang termasuk dalam program imunisasi dasar. (mad/rol)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kasdam Jaya meninjau program bersih-bersih Situ Gadog Depok.

Jajaran Kodam Jaya Bersihkan Situ Gadog Depok

DepokRayanews.com- Kodam Jaya/Jayakarta mengelar karya bakti (Karbak) dan bakti sosial (Baksos) di wilayah Koramil 06/Cimanggis, ...