4 Orang Positif Kena Difteri di Depok, 1 Orang Meninggal

Sebarkan :

 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok dr. Noerzamanti Lies Karmawati.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok dr. Noerzamanti Lies Karmawati.

Depokrayanews.com- Empat orang warga Kota Depok dinyatakan positif terkena penyakit difteri, 1 orang diantaranya kemudian meninggal dunia.

Dinas Kesehatan Kota Depok tadinya menemukan ada 12 orang suspect (diduga) terserang difteri. Hasil pemeriksaan sementara kemudian dibawa ke litbangkes Jakarta.

“Tapi setelah keluar hasil laboratoriumnya, ternyata 8 orang dinyata negatif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Noerzamanti Lies Karmawati kepada depokrayanews.com, Jumat (8/12/2017).

Menurut Lies, satu orang yang meninggal pekan lalu itu adalah anak-anak yang tinggal di wilayah Cilodong.

Lies menyebut daerah yang endemis difteri adalah Kecamatan Cilodong, Tapos dan Sukmajaya.

Difteri katanya bisa dicegah dengan pemberian imunisasi yang lengkap yakni 5 kali imunisasi mulai dari bayi sampai umur 12 tahun.

Lies memperkirakan yang terserang difteri belum pernah mengikuti imunisasi. Kalaupun ada, kemungkinan belum lengkap.

Karena itu mulai 11 Desember 2017, Dinkes Kota Depok melakukan langkah antisipaai. Antara lain dengan mengintensifkan sosialisasi dan menggalakan imunisasi DPT (Difteri, pertusis dan tetanus) untuk semua anak berusia di bawah 19 tahun.

Difteri adalah infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa. (red)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Manager Pemasaran PDAM Tirta Asasta Imas Dyah Pitaloka.

Ada Perbaikan di PDAM, Aliran Air Bersih di 4 Wilayah Ini Terganggu

DepokRayanews.com- Pihak PDAM Tirta Asasta akan melakukan penggantian perangkat mechanical electrical (ME) dan penyempurnaan sistem ...