Mahasiswa Profesi Ners FIK UI Gelar Jalan Sehat Bersama Ratusan Warga Curug

Sebarkan :

 
Lurah Curug Purwadi mengikuti jalan sehat bersama warganya yang digelar mahasiswa Profesi Ners FIK UI Depok

Lurah Curug Purwadi mengikuti jalan sehat bersama warganya yang digelar mahasiswa Profesi Ners FIK UI Depok

DepokRayanews.com- Mahasiswa Program Profesi Ners Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia (UI), Depok menggelar acara jalan sehat bersama warga RW 02 Curug, Kota Depok, Minggu (25/2/2018).

Acara ini merupakah bagian dari program kegiatan pencegahan dan penanganan hipertensi yang dilakukan Mahasiswa Program Profesi Ners FIK UI.

Peserta jalan sehat dilepas oleh Lurah Curug, Kota Depokk, Purwadi, S.Sos. Jalan sehat dengan jargon “Gerak 1000 Langkah, Stabilkan Tekanan Darah” itu, menempuh rute sejauh 1 km mengelilingi RW 02 Curug.

Warga tampak sangat antusias mengikuti kegiatan itu. Ini terbukti dengan jumlah peserta yang mencapai 150 orang, mulai dari anak-anak, hingga lansia.

Inilah mahasiswa Profesi Ners FIK UI, penyelenggara jalan sehat bersama warga Curug Depok.

Inilah mahasiswa Profesi Ners FIK UI, penyelenggara jalan sehat bersama warga Curug Depok.

Sebelum jalan sehat dimulai, diberikan penyuluhan kesehatan singkat tentang aktivitas fisik dan olahraga dari mulai tujuan, manfaat, hingga cara melakukan aktivitas fisik dan olahraga yang tepat. agar dapat menurunkan tekanan darah.

Sepanjang jalan sehat, warga dengan semarak menyanyikan yel-yel yang membangkitkan semangat.

Setelah 30 menit berjalan, warga kembali ke titik kumpul untuk beristirahat dan bersama-sama mereview pengetahuan tentang aktivitas fisik dan olahraga yang sudah disampaikan diawal.

Acara juga disemarakan dengan adanya doorprize dari mahasiswa dan pihak sponsor yakni Green Lake View Water Park.

Lurah Curug, Purwadi menyebut kehadiran mahasiswa FIK UI di daerahnya sangat memberi manfaat kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sangat membantu masyarakat dalam mengontrol kesehatannya kemudian memotivasi agar lebih rajin memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas,” kata Purwadi.

Dikatakan, dengan adanya praktik dari mahasiswa Profesi Ners Keperawatan UI ini masyarakat menjadi lebih sadar akan kesehatan, dari yang sebelumnya jarang ke puskesmas menjadi lebih rajin.

Di usia yang semakin lanjut, kata Purwadi, masyarakat harus lebih memerhatikan kesehatan.

Salah satu permasalahan kesehatan yang banyak terjadi di RW 02 adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan adanya jalan sehat ini bisa mendorong masyarakat untuk terbiasa melakukan secara rutin sehingga tekanan darah yang tadinya tinggi dapat terkontrol.

Sari Rahmawati, salah seorang mahasiswa Profesi Ners FIK UI kepada depokrayanewa.com menyebutkan acara jalan sehat merupakan puncak dari rangkaian kegiatan pencegahan dan penanganan hipertensi di RW 02 Curug.

Sebelumnya diadakan berbagai kegiatan terkait penanganan hipertensi yakni talkshow hipertensi dan demonstrasi teknik tarik nafas dalam untuk menurunkan tekanan darah pada 16 Februari.

Kemudian pada 18 Februari diadakan senam hipertensi, kegiatan posyandu (20/2/2018) dan kegiatan Posbindu dan demonstrasi kompres hangat tengkuk untuk mengurangi nyeri tengkuk akibat hipertensi serta cek kolesterol.

Rangkaian kegiatan ini berfokus pada usaha mahasiswa bersama warga seperti RW, RT, kader, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Karang Taruna untuk mencegah dan mengontrol kejadian hipertensi atau tekanan darah tinggi yang terjadi di RW 02

Seluruh rangkaian kegiatan itu terselenggara sebagai bagian dari praktik profesi Ners Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia stase Keperawatan Komunitas. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BPJS Kesehatan terus melakukan sosialisasi agar masyarakat membayar iuan kepesertaan JKN-KIS, jangan sampai menunggak.

Himbau Peserta Segera Bayar Tunggakan

DepokRayanews.com- Optimalisasi penyelenggaraan Program JKN-KIS terus diupayakan oleh Pemerintah. Berbagai upaya terus ditempuh untuk memastikan ...