Presiden Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah Warga Bojong Gede

Sebarkan :

 
Presiden Jokowi bagi-bagi sertifikat tanah kepada masyarakat.

Presiden Jokowi bagi-bagi sertifikat tanah kepada masyarakat.

DepokRayanews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membagi-bagikan sertifikat tanah kepada masyarakat.

Kali ini Presiden Jokowi membagikan sertifikat di Sentul, Kabupaten Bogor untuk masyarakat di empat kecamatan, Tajur Halang, Bojong Gede, Cibinong, dan Sukaraja.

Pemberian sertifikat ini merupakan janji pemerintah dalam memberikan kepastian hak milik masyarakat, yaitu lahan mereka.

“Saya titip, kalau sudah terima tolong dimasukkan ke plastik. Saya juga titip agar sertifikat ini difotokopi. Kalau nggak ada fotokopi, nanti repot. Ini tanda bukti hak hukum atas tanah. Kalau sudah pegang sertifikat biasanya pengin disekolahkan, bener nggak? Nggak apa apa, tapi tolong kalau untuk agunan ke bank, untuk jaminan, tolong dihitung dulu, bisa dicicil apa nggak, kalau nggak bisa, jangan,” kata Jokowi dalam pembagian sertifikat, Selasa (6/3).

Jokowi mengatakan, dulu pemerintah hanya memberikan sertifikat sebanyak 500 ribu setiap tahun. Jumlah ini sangat minim dibandingkan dengan jumlah lahan yang belum bersertifikat.

Untuk itu pemerintah akan terus meningkatkan jumlah penerima sertifikat lahan dari lima juta tahun lalu, tujuh juta tahun ini, dan sembilan juta tahun depan.

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil menagatakan, tahun 2017 target pemberian sertifikat tanah untuk Kabupaten Bogor tahun ini mencapai 80.000, tapi sertifikat tanah yang diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Bogor baru mencapai 61.000, dikarenakan adanya permasalahan sengketa lahan yang belum selesai sehingga berdampak pada lamanya sertifikat lahan dirampungkan

Menurut Sofyan, lahan di bogor yang belum memiliki sertifikat mencapai 379.000 bidang, sedangkan lahan yang sudah diberikan sertifikat baru mencapai 198.000 bidang. Artinya ada sekitar 181.000 bidang yang harus segera dirampungkan oleh pemerintah.

“Tahun 2018 kita akan bekerja lebih cepat untuk menyelesaikan target ini. Mudah-mudahan hingga 2019 seluruh sertifikat tanah ini bisa selesai,” kata Sofyan. (rol/red)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah para pemenang lomba karaoke yang selenggarakan di Kampung Belang Cafe Resto Bojongsari.

Lahudin Juara Lomba Karaoke Kampung Belang

DepokRayanews.com- Lahudin, dari Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, tampil sebagai juara pertama lomba karaoke pop ...