Tingkatkan Pengawasan Orang Asing, Imigrasi Depok Perkuat Sinergi dengan Kodim 0508/Depok

Sebarkan :

 
Kepala Imigrasi Kelas II Kota Depok Dadan Gunawan melakukan salam komando dengan Dandim 0508/Depok, Letkol Iskandarmanto.

Kepala Imigrasi Kelas II Kota Depok Dadan Gunawan melakukan salam komando dengan Dandim 0508/Depok, Letkol Iskandarmanto.

DepokRayanews.com- Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok memperkuat sinergi dengan jajaran Kodim 0508/Depok untuk meningkatkan pengawasan terhadap orang asing.

Dalam kaitan itu, Kodim 0508/Depok bersama kantor Imigrasi Kota Depok menggelar sosialisasi keimigrasian di aula Makodim 0508 Kota Depok pada Jumat (16/3).

Menurut Kepala Imigrasi Kelas II Kota Depok, Dadan Gunawan sosialisasi ini merupakan bentuk komitmen sinergitas antara Kodim 0508/Depok dan Kantor Imigrasi Kota Depok.

“Kami punya target dalam pengawasan orang asing melalui Tim Pora. Karena itu dibutuhkan sinergitas dengan instansi yang tergabung dalam Tim Pora,” kata Dadan.

Tim Pora atau Tim Pengawasan Orang Asing merupakan wadah untuk pengawasan orang asing. Namun kewenangannya difasilitasi masing-masing instansi.

Pengawasan WNA bisa bersinergi dengan Babinsa di setiap wilayah dan ini akan menjadi lebih optimal.

“Pengawasan kami tidak sempurna dan hanya ada di level kota. Jadi fungsi pengawasan bisa lebih dioptimalkan melalui Babinsa di wilayah,” kata Dadan.

Dadan berharap sinergitas ini bisa menjawab dinamika perkembangan yang terjadi, khususnya di Kota Depok.

Tahun 2018 WNA yang sudah dideportasi sebanyak 7 orang. Secara sebaran, WNA tidak merata di 11 kecamatan, namun ada titik yang menjadi atensi yaitu Beji dan Sawangan.

“Bukan berarti rawan, tetapi wilayah ini harus menjadi perhatian dalam penegakkan hukum terhadap WNA,” kata dia.

Sementara itu, Dandim 0508/Depok Letkol Inf Iskandarmanto mengatakan, salah satu tugas pokok TNI dalam bidang intel adalah pengawasan terhadap orang asing.

Karena itu, dibutuhkan kerjasama dengan Kantor Imigrasi untuk mengetahui keberadaan WNA di Kota Depok.

” Kita siap mengawasi WNA hingga ke pedesaaan melalui Babinsa yang ada di setiap desa. Karena itu dibutuhkan kerjasama dan sinergitas dengan kantor Imigrasi,”kata dia. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wakapolresta Depok,  AKBP Arif Budiman memberikan pengarahan kepada anggota.

Polresta Depok Perketat Pengamanan di Wilayah Rawan

DepokRayanews.com- Jajaran Polresta Depok memperketat pengamanan di sejumlah titik rawan pasca tertangkapnya sejumlah terduga teroris ...