Perhatian, Warteg dan Rumah Makan Padang Beromset Rp 10 Juta Bakal Kena Pajak

Sebarkan :

 
Warteg dan rumah makan Padang beromset Rp 10 juta per bulan bakal kena pajak restoran.

Warteg dan rumah makan Padang beromset Rp 10 juta per bulan bakal kena pajak restoran.

DepokRayanews.com- Perhatian bagi para pemilik warteg, rumah makan Padang dan kafe beromset Rp 10 juta per bulan, dalam waktu dekat akan dikenakan pajak restoran.

“Pajak restoran ini dikenakan 10 persen dari hasil omset setiap bulan,” kata Kepala Bidang Pajak 1 Badan Keuangan Daerah (BKD) Depok Endra.

Pajak restoran itu sudah diatur di dalam Undang-Undang No 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Peraturan Daerah (Perda) No 7 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah.

BKD Kota Depok sendiri menargetkan pendapatan dari pajak restoran sebesar Rp 121, 3 miliar dari 821 restoran atau tempat makan.

“Tempat makan yang dikenakan pajak restoran ini harus terdaftar terlebih dahulu di kantor pajak,” kata dia.

Menurut Endra, pajak daerah, tidak bisa langsung dirasakan oleh masyarakat. Anggaran ini dikelola terlebih dahulu oleh pemerintah dan hasilnya dapat dirasakan melalui peningkatan pembangunan. Berbeda dengan retribusi yang langsung bisa dirasakan masyarakat.

Endra mengakui tidak gampang menarik pajak restoran, terutama bagi warteg atau rumah makan padang.

“Soalnya, mereka harus jujur menghitung sendiri pendapatan usahanya atau self assessment, dan menyerahkannya kepada pemerintah. Ada kekhawatiran usaha mereka ditinggal kalau nanti tambah mahal harganya. Padahal, yang menanggung pajak pembeli di sana,” kata Endra.

Endra mengatakan pihaknya punya sepuluh anggota untuk menyisir rumah makan yang belum membayar pajak. Mereka dibagi ke kawasan timur, tengah, dan barat, setiap hari kerja.

“Perlu dua sampai tiga kali datang, agar paham bahwa usaha mereka menjadi bagian objek pajak pemerintah. Pajak mereka membantu pembangunan di Depok,” kata Endra. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Shouthcity Square.

Southcity, Kawasan Baru Seluas 55 Hektar di Selatan Jakarta

DepokRayanews.com- Shouthcity yang terletak di antara 3 wilayah yakni Jakarta Selatan, Cinere dan Pondok Cabe ...