Orangtua Harus Bersikap Bijak Memberikan Gadget pada Anaknya

Sebarkan :

 
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok, Elly Farida memberikan Tips kepada wali murit TK dan PAUD Kota Depok.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok, Elly Farida memberikan Tips kepada wali murit TK dan PAUD Kota Depok.

DepokRayanews.com- Orang tua harus memantau penggunaan gawai (gadget) pada anak-anaknya agar tidak mengalami ketergantungan berlebihan.

“Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk bersikap bijak dalam memberikan alat komunikasi kepada anak-anaknya,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok, Elly Farida usai memberikan motivasi kepada wali murid TK dan PAUD se-Kota Depok pada seminar parenting, “Kiat Mengatasi Ketergantungan Anak pada Gadget” di Hotel Bumi Wiyata, Minggu (22/4/2018).

Menurut Elly Farida, jika digunakan dengan bijak maka gawai akan bermanfaat sebagai media pembelajaran untuk anak. Tapi, jika penggunaannya tidak terkontrol maka pengaruhnya akan sangat berbahaya bagi tumbuh kembang anak.

“Berikan batasan waktu penggunaan gadget, misalnya tidak boleh pada hari sekolah, yaitu Senin hingga Jumat. Saat akhir pekan, Sabtu dan Minggu pun sebaiknya penggunaan dibatasi, misalnya masing-masing 30 menit pada pagi hari dan sore hari. Sehingga waktu tidak dihabiskan hanya bermain gadget saja, dan tidak mempedulikan lingkungan sekitar yang nantinya dapat membentuk anak menjadi pribadi yang kurang baik,” kata Istri Walikota Depok itu.

Dikatakan, orangtua perlu mendampingi anak-anaknya bermain gawai. Langkah ini dapat meningkatkan peran keluarga dalam mendidik anak di era digital.

Kemajuan teknologi saat ini dapat bermanfaat bagi anak baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir serta pembentukan mental si anak.

“Peran orang tua yakni ayah dan bunda sebagai penanggung jawab utama atas anak, harus menjalin kerja sama secara baik. Sehingga peran orang tua dalam mendidik anak dapat mencetak generasi cerdas serta berakhlak mulia di era digital saat ini bisa terwujud,” kata Elly Farida (ril)

.

 

 


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah sebagian dari ratusan kios yang dibiarkan terlantar di pasar modern. Foto ini diambil di Giant Bojongsari.

Ratusan Kios UMKM Milik Pemkot Depok Dibiarkan Terlantar

DepokRayanews.com- Ratusan kios yang dibangun Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Dagin) Kota Depok untuk usaha mikro ...