Divonis 15 Tahun, Setya Novanto Nyatakan Pikir-pikir

Sebarkan :

 
Setya Novanto divonis 15 tahun penjara.

Setya Novanto divonis 15 tahun penjara.

DepokRayanews.com- Setya Novanto akhirnya dijatuhi hukuman 15 tahun penjara oleh Majelis Hakim yang diketuai DR Yanto  SH di Pengadilan Tipikor, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (24/4/2018)

Setnov dinilai terbukti bersalah melakukan korupsi senilai 7,3 juta dolar AS dalam pengadaan KTP-Elektronik. Selain hukuman 15 tahun, Setnov juga didenda Rp 500 juta subsider 3 bulan dan membayar kerugian negara 7,3 juta dolar AS.

“jika tidak bisa membayar, maka seluruh hartanya akan disita, dan jika belum cukup untuk membayar kerugian negara, maka ditambah hukuman  pidana 2 tahun,” kata Majelis Hakim .

Majelis juga memutuskan mencabut hak politik Setnov selama 5 tahun setelah bebas dan tidak boleh menduduki jabatan publik apapun.

Setelah menjatuhkan putusan tersebut, majelis hakim memberikan kesempatan pada Setnov untuk  mengajukan banding.

“Setelah berkonsultasi dengan kuasa hukum, Saya minta waktu pikir-pikir dulu Pak Hakim, untuk konsultasi juga dengan keluarga,” kata Setnov.

Sebelumnya jaksa menuntut Setnov dengan pidana 16 tahun dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan dan mengembalikan uang negara 7,3 juta dolar AS dikurangi Rp5 miliar yang telah dia kembalikan melalui KPK.

Hal yang meringankan Setnov adalah dinilai berlaku sopan selama di persidangan dan belum pernah dihukum. Sementara yang memberatkan adalah perbuatannya tidak sesuai dengan upaya pemerintah yang sedang gencar-gencarnya memberantas korupsi.

Jaksa penuntut umum pun menyatakan pikir-pikir terhadap keputusan majelis hakim. Karena Setnov dan jaksa penuntut menyatakan pikir-pikir maka vonis 15 tahun yang diputuskan majelis hakim belum berkekuatan hukum. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Neno Warisman ditunjuk Prabowo Subianto sebagai wakil ketua tim pemenangannya.

Prabowo Subianto Tunjuk Neno Warisman Jadi Wakil Ketua Tim Pemenangannya

DepokRayanews.com- Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto menunjuk Titi Widoretno Warisman alias Neno Warisman sebagai wakil ...