Ibadah Puasa Dimulai Serentak Hari Kamis

Sebarkan :

 
Menteri Agama memimpin sidang isbat menetapkan awal puasa pada hari Kamis.

Menteri Agama memimpin sidang isbat menetapkan awal puasa pada hari Kamis.

DepokRayanews.com- Pemerintah akhirnya menetapkan 1 Ramadhan 1439 H jatuh pada Kamis 17 April 2018.

Dengan begitu dipastikan seluruh umat Islam di Indonesia menunaikan ibadah puasa secara serentak.

Keputusan itu diambil pada sidang isbat usai Salat Maghrib. Pemantauan posisi hilal tidak hanya dilihat dari seluruh penjuru Tanah Air tetapi juga beberapa wilayah di dunia.

Menteri Agama Lukman Hakim mengaku mendapat dua laporan yakni posisi hilal pada sore hari dan laporan dari sejumlah pelaku rukyatul hilal di 95 titik yang tersebar di seluruh Tanah Air.

“Pertama terkait dengan posisi hilal dinyatakan bahwa posisi hilal di seluruh Indonesia masih ufuk yaitu berkisar antara minus 1 derajat 36 menit sampai dengan 0 derajat 2 menit,” kata Lukman Hakim di Gedung Kementerian Agama RI Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018).

Kemudian yang kedua dari 95 titik pengamat hilal di seluruh Indonesia Lukman mendapat kesaksian dari 32 pelaku rukhyatul hilal dimana tidak satupun yang berhasil melihat hilal.

“Maka dengan dua hal tadi perhitungan hisab dan hasil rukyatul Hilal yang tidak melihat hilal maka sebagaimana ketentuan yang selama ini kita pegang sebagaimana Fatwa Majelis Ulama Indonesia maka bulan Sya’ban saat ini kita genapkan kita sempurnakan 30 hari,” kata Lukman.

“Hari ini adalah tanggal 30 Sya’ban dengan demikian maka 1 Ramadhan tahun 1939 Hijriah jatuh pada hari Kamis tanggal 17 Mei tahun 2018,” lanjutnya menegaskan.

Selaku pimpinan ketua sidang Isbat, Lukman berharap keputusan ini bisa menjadi berkah dan dilaksanakan oleh umat Muslim di Indonesia. (rol)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wapres JK

Soal 200 Mubaligh, Wapres Mendadak Panggil Menteri Agama

DepokRayanews.com- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mendadak memanggil Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin terkait polemik ...