Hasil UNBK 2018 Turus Drastis, Kemendiknas akan Berikan Penjelasan Siang Ini

Sebarkan :

 
Hasil UNBK SLTP/MTs tahun ini turun drastis, apa sebabnya?

Hasil UNBK SLTP/MTs tahun ini turun drastis, apa sebabnya?

DepokRayanews.com- Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs 2018 rata-rata nilainya mengalami penurunan.

“Ya memang mengalami penurunan. Tapi secara detail akan disampaikan dalam konferensi pers Senin (28/5),” kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud Ari Santoso.

Menurut Ari. sebanyak 689.474 siswa MTs dan 2.004.896 siswa SMP mengikuti UNBK 2018. Rata-rata nilainya turun dibanding tahun lalu.

Ari mencontohkan untuk Jawa Timur nilai rata-rata UNBK SMP mengalami penurunan. Tapi di Kota Surabaya mengalami kenaikan.

Penurunan nilai, katanya, bukan karena kualitas kecerdasan siswa yang menurun, tapi lebih pada proses pembelajaran di sekolah yang harus ditingkatkan lagi.

“Proses pembelajaran di sekolahnya perlu ditingkatkan. Semua pelajaran, gurunya saat ngajar itu siswanya kurang termotivasi untuk belajar yang baik,” kata Ari.

Penurunan nilai UNKB kabarnya juga terjadi di Depok dan Jakarta. Informasi yang diperoleh menyebutkan nilai UN tertinggi di DKI Jakarta hanya 34.

Sedangkan nilai tertinggi di Depok 37 yang diraih salah satu pelajar SMP Negeri 2 Kota Depok.

Kabarnya hanya sebagian kecil yang berhasil meraih nilai di atas 30, sisanya di bawah 30.

Bocoran hasil UNBK itu sempat beredar pada Sabtu lalu. Banyak menangis begitu mendengar bocoran hasil UNBK itu. Secara resmi hasil UNBK itu akan diumumkan dan diserahkan kepada masing-masing pelajar Senin (28/5/2018) siang ini. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Guru PAUD Kecewa Jika Disebut Mengajarkan Radikalisme kepada Murid

DepokRayanews.com- Ketua Lembaga Perlindungan Anak Generasi (LPA Generasi) Ena Nurjanah meminta Wakil Presiden Maruf Amin ...