Presiden Jokowi Letakan Batu Pertama Pembangunan Kampus UIII

Sebarkan :

 
Presiden Joko Widodo meletakan batu pertama dimulainya pembangunan kampus UIII di Cisalak,  Kota Depok.

Presiden Joko Widodo meletakan batu pertama dimulainya pembangunan kampus UIII di Cisalak, Kota Depok.

DepokRayanews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (5/6/2018) meresmikan dimulainya pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cisalak, Sukmajaya, Kota Depok.

Pembangunan perguruan tinggi berskala
internasional ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Presiden Jokowi dan menjadi tahapan lanjutan setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada tanggal 29 Juni 2016.

“Kita berharap UIII benar-benar jadi pusat kajian, penelitian peradaban Islam di negara kita Indonesia. Karena kita kenal sekarang ini di dunia sebagai negara besar, penduduk Muslim terbesar di dunia,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Menurut Jokowi, Indonesia pun pantas menjadi rujukan kemajuan peradaban Islam di dunia.

Pemerintah menyiapkan lahan sekitar 142 hektare lahan untuk digunakan sebagai lokasi kampua.Sebelumnya, untuk memperlancar pembangunan, Presiden Jokowi menginstruksikan agar lahan yang akan digunakan untuk pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) segera disiapkan. Sehingga, pembangunan UIII dapat segera dilaksanakan.

Namun, hanya sekitar 30 persen dari lahan tersebut yang akan dibangun. Sedangkan, sisanya digunakan untuk persiapan sarana dan prasarana serta lahan hijau.

Dalam acara ini, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menristekdikti M Nasir, Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakapolri Komjen Syafruddin, serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Dari Pemerintah Kota Depok tampak hadir Walikota Depok Mohammad Idris.

UIII hanya akan membuka tingkat pendidikan Magister dan Doktor. UIII dibangun di atas tiga nilai dasar yang akan mewarnai keseluruhan aktifitasnya, yakni: nilai-nilai keislaman, wawasan dan proyeksi global, serta nilai-nilai ke-Indonesia-an.

UIII akan memiliki tujuh fakultas, yakni: Kajian Islam (Islamic Studies), Ilmu Sosial (Social Sciences), Humaniora (Humanities), Pendidikan (Education), Ekonomi Islam (Islamic Economics and Finance), Sains (Sciences), serta Arsitektur dan Seni (Architecture and Fine Arts). Untuk tahun pertama, tiga fakultas yang akan dibuka adalah Islamic Studies, Political Science, dan Education. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jenazah Kasiman dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan penyebab kematian.

Ditinggal Istri Mudik, Seorang Tukang Ojek Tewas Membusuk di Kontrakan

DepokRayanews.com- Kasiman (50), seorang tukang ojek ditemukan dalam keadaan membusuk di dalam kamar kontrakan di ...