Sampai H-6 Terjadi 318 Kecelakaan, 69 Orang Meninggal

Sebarkan :

 
Irjen Pol Setyo Wasisto, Kepala Divisi Humas Mabes Polri,

Irjen Pol Setyo Wasisto, Kepala Divisi Humas Mabes Polri,

DepokRayanews.com- Posko mudik Lebaran Kementerian Perhubungan mencatat hingga Sabtu (9/6/2018) malam (H-6) sudah terjadi 318 kecelakaan lalulintas dengan korban 69 orang meninggal dunia.

Bila dibanding periode yang sama tahun lalu, jumlah angka kecelakaan itu menurun karena tahun lalu mencapai 919 kasus kecelakaan.

“Angka kecelakaan turun 65 persen. Angka korban yang meninggal dunia juga turun dari tahun lalu 297 orang menjadi 69 orang. Ini turun 77 persen,” kata Irjen Pol Setyo Wasisto, Kepala Divisi Humas Mabes Polri, dalam keterangan tertulis Minggu (10/6/2018).

Penyebab kecelakaan sebagian besar karena kurangnya kewaspadaan pengendaraan dalam berlalu lintas dari arah depan.

Kecelakaan lalulintas itu sebagian besar terjadi pada pukul 09.00 sampai pukul12.00 yakni sebanyak 42 kejadian. Paling banyak terjadi pada roda dua.

“Kecelakaan lalulintas didominasi oleh kendaraan roda dua sebanyak 232 kejadian sehingga diperlukan upaya peningkatan pencegahan di jalur arteri,” terang Setyo.

Informasi di posko mudik Lebaran Kemenhub, hingga hari Minggu siang peningkatan arus mudik dari terus terjadi dari arah Jakarta – Jawa Barat dan Jawa Tengah sebesar 72 persen. Mayoritas pemudik menggunakan jalan tol untuk mencapai daerah tujuan.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengklaim, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk mudik sekarang ini berkurang.

Menurutnya, dari data tiga hari terakhir menunjukkan terjadi penurunan terhadap jumlah kendaraan roda dua sebesar 12 persen dan juga penurunan jumlah kecelakaan lalu lintas 30-40 persen.

Meski pemudik menggunakan sepeda motor berkurang, jumlah pemudik dengan mobil penumpang justru meningkat hingga 40 persen padahal Kemenhub sebelumnya memprediksi mobil penumpang naik sekitar 16,6 persen atau sebanyak 3,72 juta pemudik.

Budi Karya yang sebelumnya memprediksi puncak kepadatan arus mudik terjadi pada tanggal 8 dan 9 Juni ternyata belum terjadi meskipun persentase jumlah kendaraan telah meningkat.(mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Prabowo Subianto mendatangi rumah Neno Warisman di Depok.

Calon Presiden Prabowo Subianto Disarankan Mengubah Gaya Penampilan

DepokRayanews.com – Calon Presiden Prabowo Subianto disarankan merubah gaya dan penampilan supaya tidak kaku dan ...