Melihat Fasilitas RSUD Kota Depok

Sebarkan :

 
RSUD Kota Depok di Sawangan.

RSUD Kota Depok di Sawangan.

DepokRayanews.com- Kota Depok hingga kini baru punya satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yakni di wilayah Sawangan.

Sejak Tahun 2016 ada wacana dari Pemerintah Kota Depok untuk membangun satu RSUD lagi di wilayah Tapos. Tapi hingga kini belum jelas kelanjutannya.

RSUD Kota Depok ini sebetulnya sudah dibangun sejak Tahun 2004 di atas lahan seluas 29.378 m2. Tapi baru mulai beroperasi sebagai rumah sakit kelas C pada tanggal 17 April 2008.

Saat ini Rumah Sakit Umum Daerah Kota Depok berstatus sebagai Rumah Sakit Kelas B dan mempunyai kapasitas tempat tidur berjumlah 69 buah serta memiliki 12 poliklinik spesialis yang terdiri dari penyakit dalam, anak, psikiatri, kebidanan dan kandungan, saraf, anestesi, mata, THT, paru, gigi, bedah mulut dan radiologi.

Pada tahun 2012 tepatnya tanggal 1 Januari, RSUD Depok telah berubah status menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Hal ini sesuai dengan amanat UU No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, yang menyebutkan bahwa rumah sakit yang didirikan oleh pemerintah dan pemerintah daerah, pengelolaannya harus berbentuk Badan Layanan Umum (BLU) atau Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)

Setidaknya ada 18 (delapan belas) dokter spesialis dan 4 (empat) dokter umum yang saat ini dimiliki oleh RSUD Kota Depok untuk melayani kebutuhan kesehatan pasien. Selain poliklinik spesialis dan rawat inap.

Untuk melayani masyarakat, RSUD Kota Depok mempunyai fasilitas rawat inap yang terdiri atas :

Ruang Perawatan Kelas II, yaitu ruang perawatan penyakit dalam untuk pasien dengan penyakit dan jenis kelamin yang sama
Ruang Perawatan kelas III
Ruang Ibu dan Anak (Kebidanan)
Ruang Penyakit Dalam, dibedakan untuk pasien pria dan pasien wanita
Ruang Bedah
Ruang Perawatan Anak
Ruang Perinatologi
Ruang Isolasi, yang diperuntukan untuk pasien dengan penyakit dan jenis kelamin yang sama
Rumah Sakit Umum Daerah Kota Depok juga memiliki fasilitas penunjang medis yang terdiri atas :

RSUD Kota Depok juga dilengkapi laboratorium:
Radiologi
Farmasi
Gizi
X-Ray Umum dan Gigi
USG
Hematology Analyzer
Analisa Gas Darah
UTDC PMI

Dalam rangka kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat Kota Depok, maka pengembangan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok perlu dilakukan.

Pengembangan pembangunan RSUD Kota Depok ini adalah bagian dari 10 program unggulan Mohammad Idris dan Pradi Supriatna selaku Walikota dan Wakil Walikota Depok periode 2016-2021.

Program pengembangan pembangunan RSUD Kota Depok ini merupakan satu kesatuan dari program di bidang pelayanan kesehatan yakni Program Pelayanan Puskesmas Rawat Inap 24 Jam di setiap Kecamatan dan Pembangunan RSUD Kota Depok di Wilayah Timur atau tepatnya di Kecamatan Tapos, Depok.(berbagaisumber)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sesosok mayat laki-laki ditemukan tewas bersimbah darah di toilet SPBU Jalan Kartini Depok.

Mayat Laki-laki Itu Korban Pembunuhan Atau Bunuh Diri?

DepokRayanews.com- Penemuan mayat laki-laki bersimbah darah di toilet SPBU Jalan Kartini Kota Depok Selasa (12/6/2018) ...