Ingin Capai Cakupan Semesta, BPJS Kesehatan Optimalkan Kerjasa

Sebarkan :

 
BPJS Kesehatan Kota Depok.

BPJS Kesehatan Kota Depok.

DepokRayanews.com- Sejak diluncurkan empat tahun lalu, program JKN-KIS yang merupakan salah satu program strategis pemerintah yang dikelola oleh BPJS Kesehatan terus mengalami perkembangan pesat.

Kehadiran program JKN-KIS telah membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk memperoleh jaminan pelayanan kesehatan.

Perkembangan program JKN-KIS sangat terasa di berbagai wilayah di Indonesia.

Berdasarkan data terakhir, jumlah penduduk yang telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS mencapai 200 juta jiwa atau hampir 90 persen dari jumlah proyeksi penduduk Indonesia di tahun 2018.

Di Kota Depok, program JKN-KIS juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berdasarkan data per Agustus 2018, jumlah penduduk Kota Depok yang telah menjadi peserta JKN-KIS adalah sebanyak 1.211.509 jiwa atau setara dengan 72 persen dari jumlah proyeksi penduduk Kota Depok di tahun 2018.

Pertumbuhan jumlah peserta ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerja sama.

Saat ini Kantor Cabang Depok telah bermitra dengan 127 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 32 Puskesmas, 12 Dokter Praktik Perorangan, 3 Dokter Praktik Gigi Perorangan, dan 80 Klinik Pratama.

Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Depok juga telah bekerja sama dengan 27 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 19 Rumah Sakit  dan 8 Klinik Utama, 16 Apotek, serta 7 Optik.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Maya Febriyanti Purwandari menuturkan bahwa BPJS Kesehatan Cabang Depok terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada peserta.

Saat ini jumlah penduduk Kota Depok yang telah terlindungi dalam program JKN-KIS telah melampaui angka 72 persen.

Sesuai target pemerintah per 1 Januari 2019 semua penduduk telah terlindungi dalam program JKN-KIS.

“Oleh karena itu, pada tahun 2018 ini BPJS Kesehatan Cabang Depok melakukan langkah-langkah strategis seperti mengoptimalkan kerjasama dengan Pemerintah Kota Depok dan lembaga-lembaga terkait agar target universal coverage yang dicanangkan Pemerintah dapat tercapai,” kata Maya.

Maya berharap semua pihak dapat mendukung penyelenggaraan program JKN-KIS. “Hal ini penting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata dia. (DT/mr)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wow, Tukang Bakso Keliling Beri Mahar Toyota Fortuner

DepokRayanews.com- Memberikan mahar atau mas kawin yang diberikan mempelai lelaki ketika akad nikah merupakan syarat ...