Optimis Menuju Cakupan Semesta

Sebarkan :

 
BPJS Kesehatan Kota Depok.

BPJS Kesehatan Kota Depok.

DepokRayanews.com – Sejak diluncurkan pada 1 Januari 2014, manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat dirasakan masyarakat.

Keberadaan program JKN-KIS yang membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk mendapat jaminan pelayanan kesehatan, dinilai sebagai program yang pro rakyat. Hal ini menyebabkan program JKN-KIS langsung berkembang dengan pesat sejak diluncukan.

Pada awalnya banyak yang menyangsikan keberanian pemerintah menargetkan dalam waktu yang sangat singkat yaitu 5 tahun untuk mencapai cakupan semesta dalam program JKN-KIS.

Hal ini bercermin dari beberapa negara lain yang menyelenggarakan program serupa yang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencapai cakupan semesta.

Namun kesungguhan pemerintah dan berkat pengelolaan yang baik oleh BPJS Kesehatan, komitmen pemerintah itu pun kini mulai tampak nyata.

Berdasarkan data sampai 31 Desember 2017, kepesertaan program JKN-KIS telah mencapai 187.982.949 peserta. Jumlah tersebut sekaligus menjadikan program JKN-KIS sebagai program dengan jumlah kepesertaan terbesar di dunia.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Maya Febriyanti Purwandari menyatakan pihaknya optimis target pemerintah akan tercapai.

“Saat ini BPJS Kesehatan mengembangkan banyak sistem yang memudahkan masyarakat untuk mendaftar,” kata Maya.

Di Kota Depok pendaftaran dapat dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan, di kecamatan melalui sistem drop box, di point of service yang saat ini untuk wilayah depok ada di Depok Town Square dan Cimanggis Square, pendaftaran melalui kader JKN, serta juga dapat dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center di 1500400, aplikasi mobile JKN, dan website BPJS Kesehatan.

Saat ini untuk wilayah Kota Depok, jumlah kepesertaan telah mencapai 1.211.509 peserta.

Maya optimis dalam tahun ini semua penduduk Kota Depok telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS.

Namun maya berharap semua pihak juga dapat mendukung untuk menyukseskan penyelenggaraan program JKN-KIS ini karena program ini penting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. (DT/mr)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Deddy Mizwar, aktor sekaligus produser kembali ke dunianya setelah 5 tahun jadi Wagub Jabar.

Gagal Jadi Gubernur Jabar, Deddy Mizwar Garap FTV Wajah Indonesia

DepokRayanews.com- Selesai menjalankan “peran”nya sebagai Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, kini aktor senior Deddy Mizwar ...