Mantapkan Pelayanan Peserta, BPJS Kesehatan Optimalkan Program Rujuk Balik

Sebarkan :

 
BPJS Kesehatan menggalakkan program rujuk balik untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

BPJS Kesehatan menggalakkan program rujuk balik untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

DepokRayanews.com- Sejak pertama kali diluncurkan, program JKN-KIS terus mengalami perkembangan. Kepesertaan yang terus meningkat diiringi dengan pemantapan sistem dan pelayanan kepada peserta.

BPJS Kesehatan sebagai lembaga yang bertugas dalam mengelola program JKN-KIS terus melakukan inovasi untuk memastikan program JKN-KIS dapat berjalan dengan baik.

Pemantapan secara menyeluruh dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan. Salah satunya melalui optimalisasi penyelenggaraan program rujuk balik.

Program Rujuk Balik adalah Pelayanan Kesehatan yang diberikan kepada penderita penyakit kronis dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan jangka panjang yang dilaksanakan di fasilitas kesehatan tingkat pertama atas rekomendasi atau rujukan dari dokter spesialis atau sub spesialis yang merawat.

Dalam setiap pertemuan dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kota Depok, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok Maya Febriyanti Purwandari mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya program rujuk balik yaitu menguatkan pelayanan primer dalam menjaga kontinuiti pelayanan kesehatan peserta.

“Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup peserta dengan upaya monitoring oleh FKTP sebagai care coordinator,” kata Maya.

Lebih lanjut Maya mengungkapkan bahwa pelaksanaan program rujuk balik berfungsi meningkatkan kualitas mutu pelayanan kepada peserta.

Melalui program rujuk balik maka peserta dapat dengan mudah mengontrol masalah kesehatannya. Selain itu, peserta juga dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga.

Maya berharap melalui pemantapan program secara menyeluruh yang telah dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal, sehingga program JKN-KIS dapat berjalan secara efektif dan efisien yang mana hal ini berarti bahwa kesinambungan program JKN-KIS dapat terlaksana dengan baik.
(DT/mr)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wow, Tukang Bakso Keliling Beri Mahar Toyota Fortuner

DepokRayanews.com- Memberikan mahar atau mas kawin yang diberikan mempelai lelaki ketika akad nikah merupakan syarat ...