Jumlah Peserta JKN-KIS di Depok Terus Bertambah

Sebarkan :

 
Jumlah peserta JKN-KIS di Kota Depok terus meningkat.

Jumlah peserta JKN-KIS di Kota Depok terus meningkat.

DepokRayanews.com- Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dimulai sejak 1 Januari 2014 telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan penduduk khususnya di bidang kesehatan.

Program JKN-KIS merupakan upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan pembangunan masyarakat Indonesia, sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dalam perkembangannya kehadiran program JKN-KIS yang merupakan salah satu program strategis nasional telah membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Program JKN-KIS menawarkan manfaat yang sangat besar kapada masyarakat. Program ini mempermudah masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan yang begitu mahal.

Pengelolaan program JKN-KIS dengan sistem gotong royong dimana peserta yang sehat membantu peserta yang sakit menjadikan masyarakat kategori menengah ke bawah pun dapat merasakan pelayanan kesehatan yang baik.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Maya Febriyanti Purwandari mengatakan bahwa program JKN-KIS merupakan program yang mencerminkan bahwa pemerintah sangat memperhatikan masyarakat.

“Dahulu sebelum era JKN-KIS pelayanan kesehatan yang baik hanya bisa dirasakan oleh masyarakat kalangan atas. Hal ini dikarenakan biaya pengobatan yang begitu mahal. Namun sekarang dengan era JKN-KIS, masyarakat menengah ke bawah pun dapat merasakan pelayanan kesehatan yang baik,” kata Maya.

Maya mengungkapkan bahwa saat ini masyarakat semakin menyadari manfaat yang besar dari program JKN-KIS. Hal ini terbukti dengan peserta yang terus bertambah.

Khusus di Kota Depok berdasarkan data sampai dengan 10 Agustus 2018, jumlah peserta JKN-KIS di Kota Depok telah mencapai 1.211.509 peserta.

BPJS Kesehatan Cabang Depok juga telah bekerja sama dengan banyak fasilitas kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta JKN-KIS.

Saat ini BPJS Kesehatan Cabang Depok telah berkerja sama dengan 127 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 32 Puskesmas, 12 Dokter Praktik Perorangan, 3 Dokter Praktik Gigi Perorangan, dan 80 Klinik Pratama. Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Depok juga telah bekerja sama dengan 27 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 19 Rumah Sakit  dan 8 Klinik Utama, 16 Apotek, serta 7 Optik.

Maya berharap semua pihak dapat mendukung untuk menyukseskan penyelenggaraan program JKN-KIS karena program JKN-KIS penting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Saat ini program JKN-KIS telah berjalan dengan baik oleh karena itu mari kita jaga dan kita tingkatkan lagi,” kata Maya. (DT/mr)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pembangunan Gedung A dan C, RSUD Kota Depok Tuntas Akhir Tahun Ini

DepokRayanews.com- Pembangunan Gedung A dan C Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok segera dilanjutkan ...