Jumlah Peserta JKN-KIS di Kota Depok Mencapai 1.212.275 Jiwa

Sebarkan :

 
Jumlah peserta JKN-KIS di Kota Depok terus meningkat karena manfaat yang diberikan sangat dirasakan masyarakat.

Jumlah peserta JKN-KIS di Kota Depok terus meningkat karena manfaat yang diberikan sangat dirasakan masyarakat.

DepokRayanews.com- Sejak diluncurkan pada 1 Januari 2014, program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah memberikan manfaat yang sangat dirasakan masyarakat.  

Kehadiran program JKN-KIS telah membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk memperoleh jaminan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Sebagai program yang tergolong masih baru diluncurkan, program JKN-KIS termasuk program yang berkembang dengan sangat cepat.

Berdasarkan data BPJS Kesehatan, Jumlah Peserta JKN-KIS sudah mencapai 200 juta jiwa.

Dengan jumlah kepesertaan yang besar seperti itu menjadikan program JKN-KIS sebagai salah satu program dengan jumlah kepesertaan terbesar di dunia.

Perkembangan program JKN-KIS yang merupakan salah satu program stategis nasional memang terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah kepesertaan dan fasilitas kesehatan yang melayani peserta JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Depok, Maya Febriyanti Purwandari mengatakan bahwa perkembangan program JKN-KIS dipengaruhi oleh manfaat program JKN-KIS yang membuka akses pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

Hal ini terlihat dari laporan audited yang memberikan gambaran bahwa program JKN-KIS sangat dirasakan masyarakat. Pemanfataan kartu BPJS Kesehatan di 2016 secara nasional sebanyak 200 jutaan kunjungan ke fasilitas kesehatan.

Angka kunjungan ini terus meningkat dari tahun 2014 sebanyak 92,3 juta, dan tahun 2015 sebanyak 146,7 juta. Total kunjungan ke fasilitas kesehatan tingkat pertama, seperti puskesmas, klinik pratama, dan dokter praktek perorangan mencapai sekitar 120,9 juta kunjungan, untuk rawat jalan di poliklinik dan rumah sakit sebanyak 49,3 juta, dan rawat inap 7,6 juta,

Maya mengungkapkan saat ini jumlah kepesertaan program JKN-KIS terus mengalami peningkatan.

Untuk Kota Depok sendiri, berdasarkan data per 24 Agustus 2018 telah mencapai angka 1.212.275 peserta. Untuk melayani peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Depok telah bekerjasama dengan fasilitas kesehatan – fasilitas kesehatan di Kota Depok. Tercatat ada 127 Fasilitas Fesehatan Tingkat Pertama (FKTP), 27 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 19 Rumah Sakit dan 8 Klinik Utama, serta 16 Apotek dan 7 Optik.

“Saat ini program JKN-KIS berjalan dengan baik dan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Oleh karena itu mari kita jaga dan kita jaga dan dukung agar program ini sukses dan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat”, kata Maya. (DT/mr)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kota Depok Dinyatakan KLB Penyakit Hepatitis A Hingga Januari 2020

DepokRayanews.com- Pemerintah Kota Depok telah menetapkan penyebaran penyakit hepatitis A Kejadian Luar Biasa (KLB) menyusul ...