BPJS Kesehatan Depok Lakukan Sosialisasi JKN-KIS ke Seluruh Kecamatan

Sebarkan :

 
BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi ke seluruh kecamatan di Kota Depok.

BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi ke seluruh kecamatan di Kota Depok.

DepokRayanews.com- Program JKN-KIS merupakan salah satu program jaminan sosial yang dicanangkan oleh pemerintah untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan penduduk Indonesia sesuai dengan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Tidak terasa program yang bergerak dibidang jaminan kesehatan ini telah memasuki tahun kelima sejak dicanangkan pada tahun 2014.

Sejak dicanangkan pada 1 Januari 2014, program JKN-KIS terus mengalami perkembangan dan menuju cakupan semesta.

Berdasarkan data BPJS Kesehatan terbaru, lebih dari 80 persen penduduk telah terdaftar sebagai peserta program JKN-KIS.

Perkembangan program JKN-KIS tak terlepas dari manfaat program JKN-KIS yang telah membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Di wilayah Kota Depok, Program JKN-KIS juga berkembang dengan pesat. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Maya Febriyanti Purwandari mengatakan bahwa saat ini peserta JKN-KIS di wilayah Kota Depok telah mencapai 75 persen dari penduduk Kota Depok.

Hal ini tampak dari hasil pemadanan data yang telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Depok dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok yang menunjukkan bahwa untuk kecamatan di Kota Depok tersisa sekitar 20 sampai 30 persen penduduknya yang belum terdaftar.

“Berdasarkan hasil pemadanan data dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok, pada dasarnya program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan sudah dikenal oleh masyarakat khususnya di wilayah Kota Depok.

Meski demikian masih banyak masyarakat yang belum memahami manfaat dan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam penyelenggaraan program JKN-KIS.

Oleh karena itu, dalam rangka memperingati ulang tahun Kota Depok ke-19 pada April lalu, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Sosial Kota Depok bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Depok melakukan sosialisasi ke seluruh kecamatan di wilayah Kota Depok tentang manfaat program JKN-KIS.

Maya mengharapkan melalui kegiatan sosialisasi JKN-KIS ke seluruh kecamatan bersama dengan Dinas Sosial Kota Depok, maka masyarakat lebih memahami manfaat JKN-KIS, serta para camat dapat mendorong warganya yang belum terdaftar agar segera mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS. (DT/mr)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bayi yang Meninggal di RSUD Kota Depok Ternyata Alamat Keluarganya Fiktif

DepokRayanews.com- Bayi yang sakit kemudian meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, ternyata ...