Tingkatkan Pelayanan kepada Peserta, BPJS Kesehatan Perkuat Program Rujuk Balik

Sebarkan :

 
BPJS Kesehatan perkuat program rujuk balik untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

BPJS Kesehatan perkuat program rujuk balik untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

DepokRayanews.com- Tidak terasa sudah hampir 5 tahun Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) hadir dan memberikan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

BPJS Kesehatan sebagai lembaga pengelola program JKN-KIS terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan agar program JKN-KIS dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tak tanggung-tanggung pada tahun 2018, kepuasan peserta menjadi salah satu fokus utama BPJS Kesehatan.

Pengembangan program JKN-KIS dilakukan secara menyeluruh oleh BPJS Kesehatan dalam rangka memastikan mutu pelayanan kepada peserta. Salah satunya yaitu memperkuat program rujuk balik.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Maya Febriyanti Purwandari mengatakan bahwa program rujuk balik merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada penderita penyakit kronis dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan jangka panjang yang dilaksanakan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atas rekomendasi atau rujukan dari dokter spesialis atau sub spesialis yang merawat.

Maya menuturkan bahwa tujuan dilaksanakannya program rujuk balik adalah untuk optimalisasi dokter layanan primer sebagai manager kesehatan peserta, transfer of knowledge dari dokter spesialis atau sub spesialis ke dokter layanan primer, Meningkatkan efektifidtas pelayanan kesehatan bagi peserta penderita penyakit kronis dengan kondisi terkontrol dan stabil, serta optimalisasi fungsi koordinasi antara dokter layanan primer dengan dokter spesialis.

“Bagaimana cara mendaftar menjadi peserta program rujuk balik? pertama adalah peserta mendaftarkan diri pada petugas BPJS Kesehatan dengan menunjukkan kartu identitas peserta, surat rujuk balik dari dokter spesialis atau sub spesialis, surat eligibilitas peserta dari BPJS Kesehatan, dan lembar resep obat atau salinan resep. selanjutnya peserta mengisi formulir pendaftaran peserta program rujuk balik. Terakhir peserta menerima buku kontrol peserta program rujuk balik,” kata Maya.

Maya menjabarkan, program rujuk balik memiliki banyak manfaat. Bagi peserta, program rujuk balik berfungsi untuk meningkatkan kemudahan akses pelayanan kesehatan, meningkatkan pelayanan kesehatan yang mencakup akses promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, meningkatkan hubungan dokter dengan pasien untuk mendapatkan pelayanan secara menyeluruh, dan memudahkan untuk mendapatkan obat yang diperlukan.

Bagi FKTP, program rujuk balik bermanfaat dalam meningkatkan fungsi fasilitas kesehatan sebagai gate keeper dari aspek pelayanan komprehensif dalam pembiayaan yang rasional, meningkatkan kompetensi penanganan medik melalui bimbingan organisasi atau dokter spesialis, serta meningkatkan fungsi pengawasan pengobatan secara komprehensif.

Sedangkan untuk fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan dalam hal ini rumah sakit, program rujuk balik bermanfaat dalam mengurangi waktu tunggu pasien di poli rumah sakit, meningkatkan kualitas pelayanan spesialistik di rumah sakit, serta meningkatkan fungsi spesialis sebagai koordinator dan konsultan manajemen penyakit.

Maya berharap melalui program rujuk balik maka pelayanan kepada peserta JKN-KIS menjadi lebih baik dan penyelenggaraan program JKN-KIS menjadi lebih optimal. (DT/mr)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kota Depok Dinyatakan KLB Penyakit Hepatitis A Hingga Januari 2020

DepokRayanews.com- Pemerintah Kota Depok telah menetapkan penyebaran penyakit hepatitis A Kejadian Luar Biasa (KLB) menyusul ...