Walikota Depok Tegaskan Tidak Boleh Kampanye di Tempat Ibadah

Sebarkan :

 
Walikota Depok Mohammad Idris ketika memberikan pengarahan pada Bimtek DKM se Kota Depok.

Walikota Depok Mohammad Idris ketika memberikan pengarahan pada Bimtek DKM se Kota Depok.

DepokRayanews.com- Walikota Depok, Mohammad Idris meninta masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas kampanye di tempat ibadah.

“Semua berangkat dari pemahaman dulu, fungsi dari masjid itu apa. Masjid tidak hanya untuk ritual ibadah, tetapi juga kegiatan pemberdayaan masyarakat. Misalnya mencakup perekonomian, sosial budaya, sosial politik dan sebagainya,” kata Idris, usai membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), di Cilodong, Rabu (7/11/2018)

Namun demikian, jika DKM ingin melakukan sosialisasi atau pemahaman mengenai pendidikan politik konseptual agar masyarakat paham, itu diperbolehkan.

“Politik konseptual misalnya tafsiran ayat itu diperbolehkan. Politik praktis seperti dukung mendukung suatu partai itu yang tidak diperbolehkan. Intinya pemahaman boleh, kampanye yang tidak boleh,” tegas Idris.

Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Khairullah Ahyari mengimbau seluruh DKM untuk menghindari politik praktis.

“Sebagai pemimpin itu kan harus amanah dan cerdas, ini tugas DKM untuk menghindari politik praktis yang kerap terjadi di sarana ibadah,” kata caleg dari PKS itu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan waktu kampanye mulai dari 23 September 2018-13 April 2019. Dalam kampanye tersebut, tim sukses diminta mematuhi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang mengatur, larangan kampanye menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan fasilitas pendidikan. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Khutbah Jumat.

102 Orang Kader DKM Ikut Pelatihan Khatib Jumat

DepokRayanews.com- sebanyak 102 orang kader Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) mengikuti pelatihan khatib Jumat yang diselenggarakan ...