Penderita DBD di Depok Mencapai 506 Orang

Sebarkan :

 
Hati-hati dan waspada dengan gejala DBD.

Hati-hati dan waspada dengan gejala DBD.

DepokRayabews.com- Jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kota Depok terus meningkat dan kini sudah mencapai 506 orang. Angka ini meningkat hingga tujuh kali lipat dibanding tahun lalu.

Pada 1 Januari 2019 jumlah penderita DBD terdata baru sebanyak 75 orang. Sedangkan pada periode 1-31 Januari 2019 melonjak drastis mencapai 506 orang.

“Jumlahnya penderita DBD naik hampir tujuh kali lipat dibanding tahun sebelumnya,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Depok, Umi Zakiati, akhir pekan lalu.

Dinkes mencatat DBD banyak ditemukan di lima kelurahan yaitu Kelurahan Beji, Kelurahan Cipayung, Kelurahan Harjamukti, Kelurahan Pancoran Mas, dan Kelurahan Ratujaya.

Di Kelurahan Beji ada 36 orang penderita, di Kelurahan Cipayung 38 orang, Harjamukti 22 orang, Pancoran Mas 34 orang, dan Ratujaya 30 orang.

Untuk menekan jumlah penderita,Dinas Kesehatan Kota Depok menggalakann program PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).

Langkah lainnya adalah dengan fogging rutin untuk memberantas nyamuk di daerah-daerah yang tergolong ditemukan jentik nyamuk. Pihaknya juga memberikan penyuluhan pada warga mengenai siklus hidup nyamuk sehingga warga bisa membantu memberantas.

“Kami juga beri edukasi masyarakat tentang pola hidup nyamuk, dan menggigit jam berapa. Penyuluhan kita minta sampai ke sekolah, yang jelas kita sudah mintakan penyuluhan untuk kerja sama dengan puskesmas,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita, mengatakan, saat ini kasus DBD masuk dalam status siaga.
“Ini belum masuk dalam kategori Kejadian Luar Biasa atau KLB. Karena belum semua kelurahan. Masih ada sembilan kelurahan yang belum ada laporannya,” kata Nova. (ris)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Reynaldo

Ingin Proteksi Diri, Aldo Daftar JKN-KIS

DepokRayanews.com- Reynaldo Luther Situmorang (21) adalah seorang mahasiswa di salah satu Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran ...