Bank Indonesia Layani Penukaran Uang untuk Kebutuhan Lebaran Mulai 13 Mei di Monas

Sebarkan :

 

Bank Indonesia siap melayani penukaran uang untuk kebutuhan lebaran mulai Senin 13 Mei di Monas.

DepokRayanews.com- Masyarakat yang ingin menukar uang untuk kebutuhan Lebaran, Bank Indonesia akan membuka pelayanan selama 12 hari, mulai 13 Mei 2019 mendatang di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Bank Indonesia akan menyiapkan uang tunai sebesar Rp 14,8 miliar.

Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi mengatakan pihaknya memilih mulai pelayanan Senin 13 Mei karena diperkirakan mulai tanggal tersebut karyawan sudah mendapat Tunjangan Hari Raya. “Jadi kalau sudah ada orang yang sudah menerima tunjangan hari raya (THR), silakan tukarkan uang di sana,” kata Rosmaya Hadi , Jumat (10/5).

Selain di Monas layanan penukaran uang juga digelar di Museum BI dari tanggal 24 Mei hingga 8 Juni. Hanya saja uang tunai yang disiapkan tidak sebanyak di Monas, yakni hanya Rp 7,8 miliar.

BI membatasi jumlah penukaran uang hanya sebesar Rp 3,9 juta per orang dengan beberapa paket pecahan uang yang dapat dipilih. Ini bertujuan agar uang tidak berkonsentrasi pada satu orang tertentu dan kemudian disalahgunakan. Misalnya, untuk dijual kembali.

Tidak hanya itu BI juga membuka layanan penukaran uang pada rute mudik. Salah satunya di jalan tol Trans Jawa. “Kami juga berada di jalur mudik bekerja sama dengan bank, termasuk beberapa titik rest area di jalan tol Trans Jawa. Karena kami sudah melakukan di 2018,” kata dia.

Selain itu, titik penukaran uang di jalur mudik juga diadakan di beberapa lokasi seperti pelabuhan, terminal, pasar dan alun-alun murah.

“Karena banyak sekali masyarakat yang akan mudik. Ada juga di Pelabuhan Merak, Terminal Giwangan dan Jombang, titik keramaian pasar murah, pasar pagi Tegal, pasar Mayangan, Alun-alun Jember, ini banyak sekali,” ujarnya. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jokowi: Infrastruktur Harus Dibangun Sampai ke Kawasan Produksi Rakyat

DepokRayanews.com- Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato kebangsaan pada acara Visi Indonesia di Sentul ...