Unit Donor Darah PMI Tetap Buka Selama Ramadhan

Sebarkan :

 

Donor darah

DepokRayanews.com- Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok tetap buka selama bulan Ramadhan. Masyarakat yang hendak mendonorkan darahnya, dipersilakan datang agar stok darah tetap tersedia.

“UDD tetap buka, sama seperti hari biasa. Waktu operasionalnya yaitu jam 08.00 sampai 21.00 WIB. Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang ke Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City,” kata Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok, Widya Astriyani, Kamis (16/5/2019).

Dikatakannya, selama Ramadan, masyarakat bisa melakukan donor darah. “Idealnya kalau ingin mendonorkan darah selama bulan Ramadhan, bisa pagi atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa agar pendonor tidak lemas dan tetap sehat,” kata Widya.

Widya berharap ada peningkatan kesadaran masyarakat untuk membantu sesama dengan mendonorkan darahnya ke PMI Kota Depok. Apalagi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa bahwa donor darah tidak membatalkan puasa.

“Bentuk sedekah bukan hanya materi, tetapi bisa juga dengan meningkatkan kepedulian sesama, contohnya sumbang darah. MUI juga sudah buat fatwa bahwa donor tidak membatalkan puasa, seharusnya itu yang menjadi landasan untuk donor di bulan puasa,” kata dia.

Menurut Widya, saat ini stok darah masih cukup sampai bulan Juni mendatang. ”Dari Januari hingga April, kami sudah kebut untuk ketersediaan darah di bulan Ramadhan. Alhamdulillah, untuk bulan Mei dan akhir Juni stok darah aman,” kata dia.

Jumlah kantong darah yang tersedia sampai hari ini sebanyak 1.648 kantong, dari semua golongan darah. Pada bulan Ramadan, pihaknya juga tetap melakukan upaya jemput bola melalui kegiatan donor darah di masjid, perkantoran maupun sekolah, hingga jam 24.00 WIB. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bayi yang Meninggal di RSUD Kota Depok Ternyata Alamat Keluarganya Fiktif

DepokRayanews.com- Bayi yang sakit kemudian meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, ternyata ...