Ini Momen SBY dan Megawati Berbincang di Pemakaman Ani Yudhoyono

Sebarkan :

 

SBY dan Megawati sempat berbincang di pemakaman Ani Yudhoyono. (suara)

DepokRayanews.com- Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) sempat berbincang dengan Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri saat menghadiri pemakaman ibu negara Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6/2019).

Momen itu tampak direkam oleh Yenny Wahid, putri Presiden ke 4 RI, Abdurachman Wahid alias Gus Dur yang duduk persis di belakangan Megawati. Sedangkan sebelah kanan Megawati duduk Iriana Jokowi dan sebelah kiri Megawati ada Sinta Nuriah, Istri Gus Dur.

Meskipun momenya sangat singkat, tapi sangat bermaksna karena pertemuan kedua tokoh itu sangat ditunggu-tunggu banyak pihak. Sebab, seperti diketahui, hubungan SBY dengan Megawati tidak begitu bagus sejak SBY mengundurkan diri sebagai Menteri ketika Megawati menjadi Presiden. SBY kemudian maju sebagai Calon Presiden berkompetisi dengan Megawati.

Ketika Ani Yudhoyono meninggal banyak kalangan menduga akan menjadi momen yang bagus bagi tokoh-tokoh nasional untuk memperbaiki komunikasi, termasuk antara SBY dengan Megawati. Begitu pun antara Presiden Jokowi dengan Calon Presiden Prabowo Subianto. Tapi ternyata Prabowo Subianto tidak hadir.

Awalnya, Megawati mengirim karangan bunga ke rumah duka di Puri Cikeas. Ketika karangan bunga datang, banyak kalangan yang menduga Megawati tidak akan hadir pada acara prosesi pemakaman jenazah Ani Yudhoyono. Tapi ternyata dugaan itu salah. Megawati datang ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata bersama putrinya, Puan Maharani. Ketika Iriana Jokowi datang, Megawati duduk bersebelahan dengan Iriana dan Sinta Nuriah, istri Mantan Presiden Gus Dur.

Tidak jelas apa yang isi pembicaraan singkat antara SBY dengan Megawati ketika bersalaman. Awalnya, tampak masih kaku, tapi kemudian Megawati tersenyum. Ketika 10 tahun SBY menjadi Presiden, Megawati tidak pernah menghadiri undangan acara kenegaraan yang diselenggarakan di Istana.

Bahkan ketika Ani Yudhoyono dirawat di Singapura, Megawati juga tidak pernah datang menjenguk. SBY merasa hubungannya yang tidak harmonis dengan Megawati menjadi penghalang kerjasama Partai Demokrat untuk memberikan dukungan kepada Jokowi. ”Tidak mungkin Partai Demokrat bergabung dengan TKN mendukung Jokowi karena tidak mendapat sinyal dari Ibu Megaati,”kata SBY.

Tapi belakangan Presiden Jokowi bolak balik mengundang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke Istana. Ada sinyal kalau AHY bakal duduk di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. (red)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sertifikasi Pernikahan Penting untuk Menekan Angka Perceraian

DepokRayanews.com- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Kemanusiaan dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendorong penerapan sertifikat ...